Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Cara Riri Riza Temukan Dua Generasi Pemeran Bebas

Jumat 06 Sep 2019 00:31 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Riri Riza

Riri Riza

Foto: ROL/Abdul Kodir
Bebas adalah film dengan proses seleksi pemain paling lama yang pernah Riri garap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Riri Riza segera menghadirkan film arahan terbarunya berjudul Bebas awal Oktober mendatang. Riri menganggap Bebas istimewa karena merupakan film ansambel. Ada banyak pemain utama dengan porsi kemunculan yang imbang.

"Buat saya kayak membayangkan sebuah playground yang asyik, apalagi dengan dua lapis pemain yang berbeda generasi," kata sineas 48 tahun kelahiran Makassar itu saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/9).

Bebas yang merupakan adaptasi dari film Korsel Sunny mengisahkan enam remaja yang tergabung dalam satu geng SMA. Sinema menceritakan pula kelanjutan ketika mereka semua beranjak dewasa.

Otomatis, Riri dan tim harus mencari versi muda dan dewasa dari tiap tokoh. Menurut Riri, Bebas adalah film dengan proses seleksi pemain paling lama yang pernah dia garap. Saat pembacaan naskah sudah berlangsung, masih ada pemeran yang dikasting.

Enam tokoh utama remaja bernama Vina, Kris, Jessica, Suci, Gina, dan Jojo. Mereka diperankan oleh para pemeran muda yaitu Maizura, Sheryl Sheinafia, Agatha Pricilla, Lutesha, Zulfa Maharani, dan Baskara Mahendra.

Sementara, para pemeran dewasa yakni Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Indy Barends, Widi Mulia, dan Baim Wong. Ada seorang tokoh remaja yang sengaja tidak dihadirkan dalam versi dewasa dan menjadi salah satu kejutan cerita.

Riri mengatakan, tidak seluruh pemain dicari dalam alur sama. Ada tokoh muda yang dicari terlebih dulu lantas mencari pemeran dewasa, atau sebaliknya. Geng remaja dan dewasa yang sudah terpilih lantas mengobservasi satu sama lain.

"Caranya memang gampang-gampang susah. Kemiripan satu hal yang penting, tapi yang lebih penting lagi adalah memiliki kepekaan yang sama. Di film ini nanti dimensinya bukan cuma akting, tapi juga koreografi tari, bahkan laga," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA