Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Instalasi Seni Instagrammable di Soundrenaline 2019

Selasa 10 Sep 2019 05:44 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Sneakers raksasa, seni instalasi yang Instagrammable di Soundrenaline 2019.

Sneakers raksasa, seni instalasi yang Instagrammable di Soundrenaline 2019.

Foto: Shelbi Asrianti/Republika
Sepasang sneakers raksasa menjadi instalasi seni Instagrammable di Soundrenaline.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Sepasang sneakers berukuran raksasa terpajang di lokasi penyelenggaraan Soundrenaline 2019. Instalasi seni berjudul "A Pair of Timeless Time Travel" itu adalah karya seniman visual Muchlis Fachri yang biasa disapa Muklay.

Selama dua hari, Sabtu-Ahad (7/9-8/9), pengunjung berbondong-bondong berfoto di depannya. Mereka mengagumi sepatu yang masing-masing berukuran 1x4 meter itu. Corak biru, ungu, oranye, hijau, dan merah memberikan kesan cerah.

Muklay mengatakan, proses pembuatan sepatu berlangsung satu setengah pekan dan pembuatan ilustrasi selama empat hari. Karya itu merupakan simbol ikon fesyen yang tak lekang oleh masa sesuai tema acara, "The Spirit of All Time".

"Sneakers mungkin dapat menjadi saksi sejarah manusia dari zaman ke zaman. Melalui sneakers, kita dapat mengetahui jati diri, karakter, dan culture seseorang," kata Muklay.

Instalasi lain adalah patung penari baris tunggal berjudul "Penjaga Jaman" karya Agus Mediana dan I Putu Edi Kharisma. Karya tersebut merupakan perwujudan berbagai simbol seni Bali. Pada waktu-waktu tertentu, patung menyala dan bisa bergerak.
 
Seniman asal Yogyakarta, Uji Hahan, menghadirkan karya setinggi 10,8 meter bertajuk "The Monument: Tapi Jadi Epik". Berangkat dari berbagai keraguan yang dia temui, Hahan menciptakan 10 karakter yang terpajang sebagai ornamen di atas monumen.

Pengunjung tidak hanya bisa berfoto atau melihatnya, tapi bisa masuk ke dalam. Pada bagian dalam monumen, ada ruang yang memamerkan karya musik, seni visual, foto, dan video dari sembilan finalis kompetisi kreatif Go Ahead Challenge 2019.

Andhika Adiputra dari Level 7 selaku penyelenggara Soundrenaline 2019 menginformasikan, total terdapat 17 kolaborator seni yang terlibat di acara tahun ini. Karya mereka tersebar di seluruh area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK).

"Soundrenaline 2019 berusaha memberikan timeless festival experience bagi pengunjung yang hadir. Seluruh penampilan, karya, dan kegiatan di area festival diharap memberikan kesan mendalam," ujarnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA