Jumat, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Jumat, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Joaquin Phoenix tak Langsung Mengiyakan Tawaran Jadi Joker

Rabu 11 Sep 2019 18:33 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Film Joker

Film Joker

Foto: Warner Bros via AP
Joaquin Phoenix tampil sebagai pemeran utama film Joker.

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO — Sutradara film terbaru Joker, Todd Phillips, mengatakan bahwa sangat sulit pada awalnya untuk meyakinkan Joaquin Phoenix untuk menjadi pemeran utama film dari DC Comics tersebut. Ia bahkan sampai harus berkali-kali memohon agar aktor berusia 44 tahun itu menerima tawaran menjadi Joker.

Baca Juga

“Saya pergi ke rumahnya untuk memohon dan saya terus ke sana setiap hari dan beberapa kali menanyakan apakah ia mau ikut dalam film ini,” ujar Phillips.

Menurut Phillips, Phoenix tidak pernah benar-benar mengatakan setuju untuk menerima peran Joker. Namun, suatu hari ia muncul di studio, tepatnya di bagian lemari penyimpanan pakaian.

Phoenix sebagai aktor terbaru Joker juga mengakui bahwa pada awalnya bukanlah keputusan mudah untuk menerima peran sebagai tokoh utama film ini. Meski demikian, ia mengatakan karakter yang diperankannya ini membuatnya bersemangat dan tidak terbatas dalam hal interpretasi.

"Awalnya itu bukan keputusan yang mudah, tetapi saya tahu bahwa saya benar-benar menyukai Phillipis dan saya ingin bekerja dengannya," ujar Phoenix.

Phoenix juga mengaku tidak tahu mengapa pada akhirnya merasa sanggup untuk menerima peran Joker. Ia kemudian mulai merasa bahwa ini adalah sesuatu yang lebih dari yang bisa diperkirakan dan menjadi salah satu pengalaman terbesar dalam kariernya di industri perfilman.

Hanya saja, dampak memerankan Joker cukup buruk bagi Phoenix. Dia sampai mengalami gangguan kesehatan mental usai mendalami karakter Joker dalam serial Batman.

Seperti dilansir laman Times of India, Kamis (5/9), Phoenix mengaku karakter Joker tetap membayanginya hingga proses penggarapan film rampung dilakukan.

"mulai sedikit gila" demi berhasil menyelami karakter tersebut. Apalagi, Phoenix harus menghabiskan waktu berjam-jam membaca masalah kesehatan mental yang dimiliki Joker.

"Kami menjalani pengobatan dan menelisik masalah apa yang dia miliki. Tapi lepas dari itu, kami ingin menciptakan apa yang kami inginkan tanpa memiliki psikolog yang menggali kepribadiannya," kata Phoenix.

Joker merupakan film DC Comics terbaru yang akan dirilis pada 4 Oktober 2019. Berbeda dengan versi film Joker sebelumnya, karakter Joker dalam film ini sama sekali tidak diadaptasi dari komik dan bercerita mengenai asal usul tokoh yang dikenal sebagai musuh utama Batman tersebut.

Penampilan perdana Joker di Venice Film Festival menarik delapan menit standing ovation, Sabtu (31/8) malam. Film spin-off Joker ini juga memenangi Golden Lion Award dalam Festival Film Venice ke-76.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA