Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Habibie Sempatkan Nonton 3 Film Adaptasi Novel Asma Nadia

Kamis 12 Sep 2019 07:00 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Novelis Asma Nadia (kiri) dan Presiden ketiga RI BJ Habibie

Novelis Asma Nadia (kiri) dan Presiden ketiga RI BJ Habibie

Foto: Dok Pribadi
Asma Nadia sebut Habibie mendukung dengan nonton film yang diadaptasi dari novelnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Novelis Asma Nadia menitikkan air mata begitu mendengar kabar wafatnya presiden ketiga RI BJ Habibie pada Rabu (11/9) petang. Sang teknokrat yang biasa disapa Eyang Habibie itu adalah idola bagi Asma dan keluarga.

"Selamat jalan guru bangsa. Selamat jalan Bapak Demokrasi. Terlalu dalam rasa kehilangan ini. Semoga Allah mendekapmu dengan kasih, menerima dan melipatgandakan semua kebaikan, dan mengampuni kekhilafan. Semoga husnul khatimah, Eyang," kata Asma di akun Instagram-nya.

Saat dihubungi Republika.co.id, Asma menceritakan momen berkesan yang dia alami bersama almarhum. Perempuan 47 tahun itu beberapa kali berjumpa dengan Habibie pada pemutaran film adaptasi dari novel yang dia tulis.

Asma terharu karena di tengah kesibukan dan kondisi kesehatan yang tidak terlalu prima, Habibie selalu menyempatkan diri menonton film karya anak bangsa. Ada tiga film adaptasi novel Asma yang ditonton almarhum.

Baca Juga

photo
Asma Nadia (kiri) bersama Presiden ketiga RI BJ Habibie



Selain Surga yang tak Dirindukan 1 dan 2, Habibie juga menyimak Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea. Menurut Asma, Habibie selalu penuh dukungan terhadap hasil kreativitas anak bangsa yang harus terus dikembangkan.

Sisi lain Habibie yang meninggalkan kesan bagi Asma adalah ketulusan dan sikap respek kepada siapapun. Dengan semua pencapaian, kejeniusan, dan pengalamannya, Habibie tetap pribadi yang rendah hati dan bersahaja.

"Beliau tulus dan menghargai orang lain. Sungguh sosok yang ketulusannya kepada siapa saja, membesarkan hati. Membuat orang lain merasa dihargai. Indonesia sungguh kehilangan," kata Asma penuh haru.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA