Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Bila Kurang Tidur 

Sabtu 14 Sep 2019 09:32 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: tophealthjournal.com

Foto: tophealthjournal.com

Tidur yang baik setiap harinya menurut para ahli adalah tujuh sampai delapan jam.

Ceknricek.com - Tidur yang baik setiap harinya menurut para ahli adalah tujuh sampai delapan jam. Sementara aktivitas yang padat kadang membuat waktu istirahat jadi berkurang. 

Tahukah Anda jika ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat bangun tidur di pagi hari dengan kondisi istirahat yang kurang dari cukup? Simak di bawah ini penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Mengemudi

Saat kurang tidur, sebaiknya Anda tidak mengemudi. Dalam sebuah penelitian tahun 2012, peneliti menemukan bahwa kurang tidur bisa meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kecelakaan. 

Alasan lain mengapa Anda tidak disarankan untuk mengemudi adalah karena kurang tidur membuat kewaspadaan otak menjadi berkurang, maka dari itu sebaiknya hindari untuk mengemudi.

Baca Juga: 3 Gerakan Sebelum Tidur yang Bantu Hilangkan Lemak

Memimpin rapat

Menurut sebuah studi, kemampuan kerja otak orang yang kurang istirahat akan menurun. Bagi Anda yang kurang tidur, Anda hanya akan mampu berfikir secara umum dan kurang mendasar, sehingga sangat disarankan untuk digantikan orang lain bila Anda akan memimpin rapat di pagi hari. 

Membuat keputusan penting

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ada alasan biologis mengapa sesuatu terlihat seperti pilihan yang baik ketika Anda sedang lelah dan kurang tidur, walaupun sebenarnya pilihan tersebut bukanlah yang terbaik. Maka dari itu, sebaiknya jangan membuat keputusan yang penting saat Anda kurang tidur. Kurang tidur menyebabkan aktivitas otak pada area yang positif menjadi lebih tinggi, dan mengurangi aktivitas otak pada area yang negatif. 

Mengonsumsi minuman berenergi

Jika Anda merasa kurang tidur dan mengantuk, jangan mengonsumsi minuman berenergi, bahkan ketika Anda berpikir jika Anda membutuhkan tambahan energi. Dalam minuman berenergi terdapat kandungan gula yang sangat tinggi dan bahan kimia lainnya yang tak sehat. Lebih baik menambah energi dengan cara yang alami daripada minum minuman berenergi dengan cara olahraga agar kembali bugar. 

Olahraga ampuh untuk menyegarkan dan menghilangkan rasa lelah pada tubuh. Menurut beberapa peneliti, olahraga akan memicu pelepasan hormon kortisol dan endorfin. Sehingga walaupun Anda kurang tidur, tubuh akan tetap terasa segar.

Bertengkar

Kurang tidur juga akan membuat seseorang jadi sangat emosional dan tak stabil. Ketika Anda sedang kurang tidur, sebaiknya jangan melakukan pembicaraan serius dengan pasangan atau teman Anda. Sebuah penelitian pada tahun 2007 mengungkap bahwa orang yang kurang tidur sekitar 60 persen lebih mudah bereaksi terhadap hal-hal negatif. Jika tak ingin pembicaraan serius Anda berubah menjadi pertengkaran sengit, sebaiknya jangan berbicara ketika sedang kurang tidur atau mengantuk.

Belanja online

Ketika Anda kurang tidur, Anda tak bisa membuat keputusan dengan baik. Oleh sebab itu sebaiknya hindari juga untuk melakukan belanja online.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Update Berita Film dan Musik Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA