Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Ini Lima Kampus Terbaik di Dunia

Senin 16 Sep 2019 14:48 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Nora Azizah

Universitas Oxford

Universitas Oxford

Foto: blogspot.com
Times Higher Education kembali merilis jajaran kampus terbaik 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Times Higher Education kembali merilis daftar universitas terbaik di seluruh dunia tahun 2020 pada Kamis (12/9) lalu. Daftar peringkat terbaru ini mencantumkan 1.400 universitas yang tersebar di 92 negara.

Seperti dikutip laman World Economic Forum, Ahad (15/6), lima peringkat teratas masih didominasi Amerika Serikat (AS). Berikut daftar lima kampus terbaik di seluruh dunia :

University of Oxford. Perguruan tinggi tertua yang menggunakan bahasa Inggris ini sudah empat tahun berturut-turut menempati posisi teratas. Oxford bangga akan dirinya sebagai kampus 'berkarakter internasional'. Mahasiswa dari luar negeri di kampus ini sudah mulai ada tahun 1190. Kini, 40 persen mahasiswanya adalah pelajar dari luar negeri.

Alumni universitas ini yang terkenal adalah bagian dari 30 pemimpin dunia modern. Termasuk Bill Clinton, Indira Ghandi dan perdana menteri Inggris saat ini, Boris Johnson.

California Institute of Technology. Peningkatan skor pada aspek staf internasional telah membawa Caltech menempat posisi kedua. Naik satu tingkat dibandingkan tahun lalu.

"Kami berusaha untuk jadi lebih baik, bukan lebih besar," ucap president Caltech, Thomas F. Rosenbaum.

Selain Massachusetts Institute of Technology (MIT), Caltech adalah satu dari dua institusi yang mendapatkan rekor 80 (maksimal 100) pada semua aspek penilaian. Yakni, pengajaran, riset, dampak kutipan, transfer pengetahuan dan internasional outlook.

Baca Juga

University of Cambridge. Kampus yang serba bagus ini menurun satu peringkat dari posisi kedua pada tahun lalu. Kampus ini adalah rumah bagi 18.000 mahasiswa, termasuk di dalamnnya 4.000 mahasiswa internasional dari 120 negara.

Selain itu Cambridge juga memiliki lebih dari 100 perpustakaan. Setidaknya 15 juta buku tersimpan di sana.

Stanford University. Kampus ini juga merosot satu peringkat dibanding tahun lalu. Sama halnya dengan dus kampus dari AS yang masuk lima besar, MIT dan Caltech, Standford dikenal sebagai universitas yang fokus pada teknologi.

"Perusahaan yang didirikan oleh afiliasi dan alumni Stanford menghasilkan lebih dari $ 2,7 triliun pendapatan tahunan yang akan menjadi ekonomi terbesar ke-10 di dunia," tulis The Higher Education. Di antaranya adalah pendiri Google, Nike, Netflix, Hewlett-Packard dan Instagram.

Massachusetts Institute of Technology. MIT masuk dalam lima besar tahun ini. Hal itu tak terlepas dari penemuan dan kemajuan ilmiah yang terakreditasi di universitas. Termasuk pengembangan radar, sintesis kimia pertama penisilin, penemuan quark, dan penemuan memori inti magnetik, yang memungkinkan pengembangan komputer digital.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA