Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

6 Manfaat tak Terduga Dari Petai

Rabu 18 Sep 2019 21:47 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: klikdokter.com

Foto: klikdokter.com

Petai menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia.

Meski memiliki aroma menyengat, petai menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Petai biasa disajikan sebagai sambal, lalapan, atau dimasukkan ke dalam campuran masakan.

Petai yang memiliki nama ilmiah Parkia speciosa, merupakan jenis polong-polongan yang dapat ditemui di Asia Tenggara. Petai bermanfaat bagi kesehatan, terbukti dari kandungan nutrisinya. Petai mengandung protein, karbohidrat, fosfor, vitamin A, zat besi, dan sejumlah mineral lainnya.

Jika Anda penggemar petai, secara tidak langsung Anda sudah mendapat manfaat petai yang baik bagi kesehatan.

Berikut 6 manfaat petai yang barangkali di luar dugaan Anda.

Mencegah hipertensi 

Petai mengandung antioksidan tinggi yang bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit seperti hipertensi, kanker, penyakit pencernaan, serta kanker. Mengonsumsi petai dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan akibat dari hipertensi seperti mudah lelah dan penyakit jantung.

Baca Juga: 6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Bila Kurang Tidur 

Mencegah obesitas

Petai memiliki kadar serat yang tinggi, sehingga dapat mengikat lemak dan mencegah obesitas. Beberapa penelitian juga menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan obesitas mulai dari depresi, stres, dan perasaan tertekan, bisa diminimalisir dengan mengonsumsi petai. 

Baik untuk perut

Petai yang dikonsumsi secara mentah tidak akan memberikan dampak buruk. Petai sangat ramah untuk perut sehingga manfaatnya bisa menetralisir asam lambung, mengurangi iritasi dan luka pada perut hingga mencegah infeksi pencernaan. 

Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada petai membuat kornea mata terjaga. Petai juga menyimpan kadar potasium yang dapat meningkatkan fokus sehingga mampu membantu meningkatkan kesehatan mata. 

Meningkatkan kinerja otak

Potasium terdapat pada petai dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif otak. Petai dipercaya menstimulasi kinerja otak dalam mengingat sesuatu, melakukan pengenalan pola hingga dapat memahami melalui indera.

Mengurangi depresi

Petai juga memiliki kandungan tryptophan yang juga bisa mengurangi depresi. Tryptophan dapat membuat tubuh jadi lebih rileks, lebih bahagia, dan menstabilkan suasana hati.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA