Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Rahasia Bugar Arnold Schwarzenegger di Usia 74 Tahun

Senin 23 Sep 2019 16:20 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Nora Azizah

Arnold Schwarzenegger

Arnold Schwarzenegger

Foto: AP Photo
Schwarzenegger memulai olahraga angkat besi sejak usia 15 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arnold Schwarzenegger mulai mengangkat besi pada usia 15 tahun. Pada saat dia berusia 20 tahun, ia juga telah memenangkan acara binaraga pertamanya.

Baca Juga

Schwarzenegger kemudian memenangkan 13 gelar kejuaraan dunia dalam binaraga, dan akhirnya menjadi bintang film aksi Hollywood dengan peran besar seperti "The Terminator" dan "Kindergarten Cop." Pada tahun 2003, ia kemudian menjadi Gubernur California.

Hari-harinya sebagai binaraga, Schwarzenegger mengaku kerap dijuluki sebagai 'tempat pembuangan' karena nafsu makannya yang lahap dan rakus. "Apa pun yang ada di wastafel dapur. Apa pun yang dapat ditemukan di lantai dapur. Cukup kupas, letakkan di sana, dan saya akan menyukainya,” kata Schwarzenegger pada Men's Health, Senin (23/9), pada bulan September tentang usia mudanya.

Dia bahkan ingat pernah menyantap setengah pai ceri tiga hari sebelum berkompetisi dalam kompetisi binaraga di seluruh dunia yang dia menangkan. "Saya tidak selalu sadar akan kesehatan," katanya saat itu.

Di usianya yang ke 72 tahun, dan setelah mengalami masalah kesehatan pada tahun 2018 (ketika ia menjalani operasi jantung terbuka untuk mengganti katup paru-paru), ia telah mengubah kebiasaan makan dan kebugarannya secara drastis.

Schwarzenegger mengatakan, ia sekarang menjauh dari daging dan protein hewani. Tetapi ia menemukan fakta bahwa sayuran hijau justru membuat badannya lebih baik.

“Ada persepsi salah bahwa protein hewani adalah satu-satunya cara menjadi besar dan kuat,” katanya.

Schwarzenegger mengatakan, saat ini dia lebih fokus melakukan diet gandum dan sayuran. Ketika Men's Health melihat ke dalam kulkas kerja Swarzenegger selama wawancara, ada sayuran seperti selada, stroberi, anggur, blueberry, pisang, semangka, dan telur.

Tak hanya itu, ia juga rajin pergi ke gym pukul 7 pagi setiap hari. Dia juga melakukan latihan lain di sore hari dengan naik sepeda 45 menit, diikuti dengan latihan malam di rumah. Namun, ia tak lagi menjalani olahraga angkat beban.

"Aku tidak berlatih lagi. Setelah operasi jantung saya, saya disarankan untuk tidak berlatih berat. Tidak pergi tiga repetisi, berat terberat, dan semua itu. Jadi sekarang saya melakukan beban yang lebih ringan dan lebih banyak repetisi," ucap Schwarzenegger.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA