Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Hari Kopi, Starbucks Indonesia Pecahkan Rekor MURI

Selasa 01 Okt 2019 18:08 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Starbucks Indonesia memecahkan rekor

Starbucks Indonesia memecahkan rekor

Foto: Adysha Citra R/Republika
Pecahkan rekor MURI, Coffee Brewing Master Class dihelat Starbucks selama 24 jam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bertepatan dengan Hari Kopi Internasional yang jatuh setiap 1 Oktober, Starbucks Indonesia berhasil memecahkan rekor baru Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor baru yang berhasil dipecahkan oleh Starbucks Indonesia adalah rekor "Menyelenggarakan Coffee Brewing Master Class Selama 24 Jam Tanpa Henti".

"Kita semua menjadi saksi atas terciptanya sebuah rekor baru," ungkap Wakil Direktur MURI Osmar Semesta Susilo di Starbucks Drive-Thru Hayam Wuruk, Jakarta, Selasa (1/10).

Osmar mengatakan, rekor ini juga belum pernah dilakukan di dunia. Oleh karena itu, MURI juga akan mendeklarasikan pencapaian Starbucks Indonesia ini sebagai rekor dunia.

"Karena MURI sekarang sudah mempunyai kekuatan untuk membuat, dari rekor Indonesia jadi rekor dunia, kalau di dunia itu belum pernah ada," kata Osmar.

Baca Juga

photo
Starbucks Indonesia memecahkan rekor



Direktur Starbucks Indonesia Anthony Cottan mengaku bangga karena tahun ini pihaknya berhasil menciptakan rekor baru bertepatan dengan Hari Kopi Internasional. Selain untuk memecahkan rekor, Anthony berharap penyelenggaraan Coffee Brewing Master Class ini juga dapat mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengapresiasi seni pembuatan kopi.

Anthony juga berharap peran penting petani kopi tidak dilupakan oleh masyarakat Indonesia. Alasannya, sering kali cerita seed-to-cup yakni mengenai perjalanan biji kopi hingga menjadi sajian kopi lezat, sering terlupakan.

"Dengan kami berbagi cerita ini, kami mengharapkan kita semua dapat lebih menghargai proses pengolahan kopi Arabika dari biji hingga menjadi secangkir kopi yang Anda nikmati," ujar Anthony.

Penyelenggaraan Coffee Brewing Master Class selama 24 jam penuh ini dilakukan di Starbucks Drive-Thru Hayam Wuruk sejak 30 September 2019 hingga 1 Oktober 2019. Starbucks melibatkan 144 Starbucks Coffee Master dari seluruh Indonesia dalam ajang tersebut.

Tiap ahli kopi dari Starbucks memiliki waktu 10 menit untuk berbagi cerita mengenai kopi kepada dua pelanggan. Totalnya ada 288 pelanggan yang terlibat dalam proses pemecahan rekor ini.

Selama sesi Coffee Brewing Master Class berlangsung, para Starbucks Coffee Master berbagi informasi mengenai kopi Starbucks Sumatra medium roast yang terbuat dari biji kopi Sumatera. Starbucks Coffee Master menyajikan kopi ini melalui teknik pour over.

Hal menarik lain yang terjadi selama sesi Coffee Brewing Master Class ini adalah para para ahli membantu pelanggan untuk bisa lebih menikmati rasa kopi. Pelanggan dibimbing mengenai cara untuk merasakan aroma, keasaman, body, hingga rasa dari kopi.

Untuk merayakan hari istimewa ini, Starbucks Indonesia juga menyediakan minum gratis berupa cold brew iced coffee dengan cascara Syrup. Kopi gratis ini dibagikan kepada 144 pelanggan pertama di semua gerai Starbucks yang ada di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA