Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Ahad 06 Oct 2019 13:13 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Foto: Pexels.com

Foto: Pexels.com

Bersepeda punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Bersepeda punya banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, dengan satu syarat. manfaat itu bisa dirasakan bila Anda konsisten dalam melakukannya. Berikut 7 manfaat bersepeda bagi kesehatan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Membakar kalori secara cepat

Bersepeda bisa membakar kalori sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan yang sedang, dan 400 kalori per jam jika kecepatan bersepeda mencapai lebih dari 16 km/jam. Sedangkan jika bersepeda gunung melewati medan yang berat selama 1 jam, Anda sudah membakar 700 kalori. Anda bisa membakar lemak seberat 5 kg selama setahun hanya dengan bersepeda dalam waktu setengah jam setiap hari dengan kecepatan sedang.

Meningkatkan kekuatan otot

Selama bersepeda tentu seluruh anggota tubuh akan aktif bergerak, mulai dari kaki yang mengayun, hingga mata yang selalu waspada. Hal ini membuat anggota tubuh mengalami peningkatan aktivitas. Apabila aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, maka otot akan menjadi semakin kuat dan fleksibel.

Merawat sendi

Tidak hanya otot, bagian sendi seperti sikut, lengan, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan pun juga akan terlatih dan semakin fleksibel hanya dengan bersepeda secara rutin.

Meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres

Saat bersepeda, tanpa disadari tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang memicu timbulnya rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Hormon endorfin juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit. Dengan rasa nyaman dalam tubuh, secara otomatis Anda akan melupakan sejumlah beban yang sempat menggelayuti pikiran.

Baca Juga: Vino G. Bastian Mulai Aktif Olahraga Sepeda 

Memperbaiki sistem kardiovaskular

Bersepeda dapat digolongkan sebagai olahraga kardio, karena memicu kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi. Bersepeda secara rutin juga mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat yang ada dalam darah, menguatkan otot jantung, serta menurunkan tekanan darah. Penurunan tingkat kolesterol jahat akan meminimalkan risiko penyempitan pembuluh darah.

Otot jantung pun akan lebih terlatih, sehingga proses mengantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh semakin optimal. Jika kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular ini semakin baik, maka semakin rendah pula risiko terkena stroke, serangan jantung, ataupun tekanan darah tinggi.

Meningkatkan stamina

Selain digolongkan sebagai olahraga kardio, bersepeda juga termasuk dalam jenis olahraga low impact yang berarti tidak menimbulkan efek lelah secara cepat. Hal inilah yang membuat bersepeda bisa meningkatkan stamina, karena Anda dapat mengayuh sepeda dengan waktu yang lebih lama dibanding ketika melakukan gerakan aerobik atau berjalan kaki yang membuat cenderung lebih cepat merasa lelah.

Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh

Dengan duduk di sadel dan menaikkan kaki dari tanah untuk mengayuh sepeda, Anda semakin terlatih untuk seimbang. Saat berbelok menaiki sepeda, otot inti akan terlibat untuk membuat tubuh menjadi tetap tegak. Sementara itu, koordinasi tubuh akan terbangun ketika Anda mengubah gigi atau menggunakan lengan dan kaki saat bersepeda.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA