Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Tayangan Animasi Balpil dan Bhinnekaz Siap Diproduksi

Selasa 08 Oct 2019 18:30 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor Bisma Karisma (kiri) menghidupkan tokoh bernama Binsar si Harimau Sumatra dan Olivia Jensen mengisi suara Ling Ling Si Arwana pada tayangan animasi Balpil dan Bhinnekaz.

Aktor Bisma Karisma (kiri) menghidupkan tokoh bernama Binsar si Harimau Sumatra dan Olivia Jensen mengisi suara Ling Ling Si Arwana pada tayangan animasi Balpil dan Bhinnekaz.

Foto: Shelbi Asrianti/Republika
Balpil dan Bhinnekaz diisi suara oleh Bisma Karisma dan Olivia Jensen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat pelajar SMP, yakni Agus, Binsar, Ling-Ling, dan Made, mendapat kiriman robot dengan kecerdasan intelektual dari masa depan. Robot bernama Balpil itu menjadi teman mereka menghadapi tantangan sehari-hari sebagai generasi Z.

Balpil pun bertugas menemani empat sekawan mencari dan mencegah sumber ketidakseimbangan yang disinyalir menyulut terjadinya Perang Dunia ke-3. Tiap remaja mendapat kekuatan istimewa yang membuat mereka bisa berubah menjadi jagoan.

Kisah Balpil dan sekawan yang dijuluki Bhinnekaz semula tertuang dalam serial komik yang bisa disimak via webtoon dan tautan "Komik Balpil". Dalam waktu dekat, cerita akan dialihwahanakan menjadi tayangan animasi Balpil dan Bhinnekaz.

Produksi berlangsung mulai kuartal pertama tahun 2020 sebagai hasil kolaborasi Balpil Nusantara Indonesia, Imagine, dan Nation Pictures. Project Director Balpil dan Bhinnekaz Holip Soekawan mengatakan, proyek merupakan perwujudan jangka panjang yang dimulai sejak 2011.

"Kami ingin menghadirkan animasi Indonesia yang mengangkat tema kebinekaan dan keseimbangan diri. Mengedukasi untuk target penonton anak-anak dan remaja. Semoga bisa berkompetisi di negeri sendiri dan regional," kata Holip.

Dia menjelaskan, Balpil merupakan singkatan dari ballance pilar atau pilar keseimbangan. Keseimbangan diri yang dimaksudkan Holip tercermin dari empat tokoh utama yang masing-masing mewakili fisik, intelegensia, sosial, dan spiritual.

Pesan edukasi serial tersebut akan disampaikan lewat visual yang menghibur serta mengedepankan keberagaman dan kekayaan fauna Indonesia. Holip berharap, anak-anak dan remaja bisa belajar mengenai kebinekaan dan keseimbangan hidup.

Balpil dan Bhinnekaz telah mengumumkan dua pengisi suara, yakni aktor Bisma Karisma dan aktris Olivia Jensen. Bisma mengisi suara Binsar yang bisa berubah menjadi jagoan Harimau Sumatra, sedangkan Olivia menjadi Ling-Ling si Arwana Kalimantan Barat.

"Untuk awal, kami akan memproduksi 12 sampai 16 episode yang akan tayang di layanan over the top (OTT) dan webseries. Target jangka panjang, berharap tayangan animasi kami juga masuk ke layar lebar," kata Holip.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA