Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Komponis Purwacaraka Terima Penghargaan 'Anugerah Budaya'

Rabu 09 Okt 2019 13:20 WIB

Red: Nora Azizah

Komposer musik the santri Purwacaraka (kanan) bersama Sutradara film The Santri Livi Zheng (kiri).

Komposer musik the santri Purwacaraka (kanan) bersama Sutradara film The Santri Livi Zheng (kiri).

Foto: Thoudy Badai
Purwacaraka menerima penghargaan untuk kategori pencipta dan pelopor.

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta (ANTARA) - Musisi senior Purwacaraka mengatakan Anugerah Budaya dan penghargaan Seni Budaya merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap kebudayaan Indonesia. Pada 2019, Purwacaraka menerima Anugerah Budaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk kategori Pencipta, Pelopor dan Pembaru.

"Saya senang dapat menerima Anugerah Budaya. Ini adalah bentuk apresiasi pemerintah terhadap kebudayaan dan saya pikir ini penting. Kebudayaan dapat menjadi tolak ukur peradaban," kata Purwa Tjaraka saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (8/10).

Dengan penghargaan tersebut, kata Purwa, maka pelaku seni dan budaya akan merasakan kehadiran pemerintah dalam bidang kebudayaan. Dia mengatakan, kesenian Indonesia yang sangat beragam akan sulit berkembang tanpa fasilitas dari negara.

"Sebagai bangsa kebudayaan Indonesia sangat kaya dan beragam dan tentunya kita perlu wadah untuk menyatukannya," kata dia.

Dia pun menyambut baik adanya Pekan Kebudayaan Nasional yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menurut dia ini adalah satu hal positif. Sebanyak 59 pegiat kebudayaan baik perorangan mau pun komunitas akan menerima Anugerah Kebudayaan dan penghargaan khusus untuk lima orang Maestro Seni Tradisi Tari. Penghargaan itu akan diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pada Kamis (10 Oktober 2019) di Istora Senayan.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA