Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

13 Destinasi Wisata Menarik di Gunungsitoli

Ahad 13 Okt 2019 12:17 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Penampilan para pemuda asal Nias  dalam acara memperkenalkan kebudayaan nias di kawasan HBKB Bundaran HI, Jakarta, Ahad (4/3).

Penampilan para pemuda asal Nias dalam acara memperkenalkan kebudayaan nias di kawasan HBKB Bundaran HI, Jakarta, Ahad (4/3).

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Menjelajahi Kota Gunungsitoli seperti napak tilas sejarah masa lalu

Menjelajahi Kota Gunungsitoli seperti napak tilas sejarah masa lalu, dengan berbagai keindahan alamnya. Kota yang terletak di Sumatera Utara ini adalah salah satu kota tertua dan terbesar. Sejarah kota ini bahkan sudah dimulai sejak zaman batu.

Kota Gunungsitoli sudah ramai dikunjungi oleh para pedagang Indochina sejak abad 18. Mereka bahkan menjadi nenek moyang penduduk Gunungsitoli.

Perjalanan ke kota Gunungsitoli bisa melalui jalur laut dan udara. Jalur laut melalui pelabuhan Sibolga, memakan waktu sekitar 10 jam. Lewat udara melalui penerbangan dari Medan,  memakan waktu 1 jam.

Panorama pantai, air terjun, goa, hutan bakau, dan peninggalan sejarah, menjadi situs wisata yang bisa dinikmati dalam penjelajahan. Keindahan objek wisata ini menjadi perbincangan,  bukan hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan internasional.

Bagi yang menjelajahi Kota Gunungsitoli, berikut beberapa daftar destinasi yang bisa Anda kunjungi.

Taman Ya’ahowu

Taman ini merupakan timbunan puing-puing bangunan saat gempa melanda Kepulauan Nias pada 2005. Taman yang berlokasi di pusat kota, kini menjadi pusat rekreasi warga Gunungsitoli.

Museum Pusaka Nias

Museum ini menyimpan ribuan benda bersejarah di Kepulauan Nias. Di sini tersimpan aneka tanaman obat tradisional, dan berbagai hewan yang banyak terdapat di Nias.

Mesin Pencetak Uang Nias

Nias pernah memiliki mesin pencetakan uang, sebagai alat pembayaran yang sah pada masa Agresi Belanda I. Uang itu diberi nama Orang Republik Indonesia Nias (ORIN). Mesin ini terletak di Desa Onowaembo.

Baca Juga: Pantai Tanjung Bastian, Manjakan Mata Dengan Hamparan Pasir Putih

Gua Togi Ndrawa

Gua yang terletak di Gunungsitoli Barat, memiliki lima gua yang memanjang dari selatan ke utara, dengan empat mulut gua yang menghadap ke timur dan tenggara. Pada dinding gua banyak terdapat stalaktit dan stalakmit, menjadikan dinding gua sangat kokoh.

Taman Doa Bunda Maria

Jelajah Kota Gunungsitoli dilanjutkan ke desa Fodo, di tempat ini terdapat beberapa objek wisata. Salah satunya Taman Doa Bunda Maria. Menjadi tempat berdoa menenangkan diri.

Pantai Laowomaru

Sumber: Hobi Wisata

Pantai ini juga  berlokasi di desa Fodo. Pantai yang memiliki bibir pantai yang panjang, dengan gugusan batu-batu yang tersusun indah. Di dekat pantai terdapat sebuah gua, yang menurut legenda dihuni oleh seorang pemuda sakti dan kuat, yang berkeinginan menyatukan daratan Kepulauan Nias dengan Pulau Sumatera.

Pantai Miga

Pantai ini terletak di desa Miga, sekitar 30 menit dari kota Gunungsitoli. Hamparan pasir putih dan indahnya pemandangan matahari terbit dan tenggelam, menjadi daya tarik pantai ini.

Pantai Muara Indah

Pantai ini berlokasi di Gunungsitoli Utara. Muara pantai ini merupakan pertemuan antara air laut dan air asin, hal ini menjadi keunikan yang dimiliki pantai Muara Indah.

Pantai Hoya

Jelajah Kota Gunungsitoli berlanjut ke Pantai Hoya. Pantai ini memiliki pasir putih, dengan air laut jernih dan pepohonan rindang di sekitar pantai.

Air Terjun Humogo

Sumber: wonderfulnias.com

Air terjun yang memiliki tinggi 8 meter dan lebar 4 meter ini, memiliki struktur bertingkat-tingkat. Terletak di desa Onowaembo.

Air Terjun Baho Ndra

Air terjun ini terletak di Gunungsitoli Idanoi. Air terjun ini memiliki tinggi 10 meter dan lebar 5 meter. Di bawah air terjun ini terdapat telaga sedalam 2 meter.

Situs Batu Megalitik

Sumber: Boombastis.com

Situs ini menjadi saksi sejarah Gunungsitoli pada zaman batu. Situs yang masih terjaga hingga kini ini, berlokasi di desa Onowaembo.

Pemukiman Rumah Adat

Pemukiman ini terletak di desa Tumori, Gunungsitoli Barat. Konstruksi rumah adat ini diyakini tahan gempa. Terbukti saat gempa terjadi beberapa waktu yang lalu, pemukiman ini masih berdiri kokoh hingga kini.

Begitu banyak objek wisata yang bisa ditemukan di Gunungsitoli. Siapakan waktu dan tenaga kamu, untuk dapat menikmati semuanya dalam Jelajah Kota Gunungsitoli.

BACA JUGA: Cek Berita FOOD REVIEW, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA