Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Cinta Lingkungan, Aryo Wahab Aktif Bersepeda

Ahad 13 Oct 2019 11:21 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Aryo Wahab

Aryo Wahab

Foto: Antara
Aryo juga mengajak anak-anaknya untuk melakukan hal yang sama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vokalis band WOLFTANK Aryo Wahab ingin memberi warisan lingkungan terbaik untuk anak cucu. Karena itu, dia mengajak masyarakat turut menjaga dan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

"Saya pengen kita punya kesadaran yang sama. Saya ingin kasih warisan terbaik untuk anak cucu. Kalau kita kasih laut pada anak warna hitam, itu tidak fair," kata Aryo dalam acara meet and greet acara musik I Like Monday, I Like Nature: Music for Conservation di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Aryo mencontohkan dan meminta anak-anaknya selalu hemat energi listrik. Selama lima tahun terakhir, Aryo aktif bersepeda untuk mengurangi polusi di Jakarta.

"Ini sudah jadi transportasi kita sehari-hari sih. Kita senang, selain mengurangi polusi, lebih irit, dan secara psikologis bisa menemukan inspirasi," kata Aryo.

Aryo yang juga menjadi vokalis band The Dance Company itu terus mencoba mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Pun saat ke restoran, Ariyo dan keluarga selalu menghindari penggunaan sedotan plastik atau minuman langsung dari gelas. Menurut dia, cara minum seperti itu sudah dipraktikkan sejak dahulu.

"Kita tidak perlu pakai itu, kita pakai plastik seperlunya, tidak pakai dengan lebay (berlebihan)," ujar dia.

Gaya hidup seperti itu sudah Ariyo ajarkan pada anak-anaknya. Kebetulan, anak-anak Ariyo sangat suka penyu. Mereka juga tahu bahwa selama ini penyu banyak makan sampah plastik yang dikira ubur-ubur.

Aryo mengatakan gerakan sadar lingkungan harus dilakukan dari hati. Manusia harus paham bahwa alam dan manusia adalah ciptaan Tuhan YME. "Jadi ini tugas kita, manusia bagian dari lingkungan. Derajat tinggi untuk menjaga alam. Bumi ini cuma satu dan gak ada cadangan. Tidak ada waktu lagi untuk merusak bumi," tutur Aryo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA