Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Film Joker Puncaki Box Office di Pekan Keduanya

Senin 14 Oct 2019 16:15 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Film Joker

Film Joker

Foto: Warner Bros via AP
Joker masih memimpin box office di pekan kedua pemutarannya.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film Joker masih terus mendapat penonton baru dalam jumlah signifikan. Setelah mengawali debutnya dengan meyakinkan, film yang dibintangi Joaquin Phoenix itu kembali memuncaki box office dengan menjadi film yang paling laku ditonton di Amerika Serikat pada pekan kedua pemutarannya.

Dilansir USA Today, Senin (14/10), film besutan Todd Phillips yang menceritakan asal-usul musuh bebuyutan Batman itu mengungguli film pendatang baru, animasi The Addams Family dan film aksi dari Will Smith Gemini Man. Pada Ahad (13/10) lalu, studio memperkirakan, film Joker menambahkan pendapatan sebanyak 55 juta dolar AS  dari bioskop Amerika Utara akhir pekan kemarin sehingga total pencapaian domestiknya menjadi 192,7 juta dolar AS.

Tidak hanya pendapatan kotor yang mengesankan, tetapi Joker juga turun hanya 43 persen dari debutnya yang memecahkan rekor. Biasanya, pada film-film komik, secara teratur mengalami penurunan akhir pekan kedua sebesar 50 persen atau lebih.

Oleh sebab itu, penurunan ini adalah penurunan yang kecil. Angka ini juga sedikit lebih rendah dari film Wonder Woman dan Black Panther, yang memiliki pembukaan awal yang lebih tinggi dan kemudian memiliki umur panjang di bioskop.

"Ini adalah angka yang luar biasa dan benar-benar mencerminkan betapa orang-orang tertarik dan bersemangat menonton film ini," kata analis media senior untuk Comscore, Paul Dergarabedian.

Joker memiliki perjalanan yang mengalami naik turun seperti roller-coaster saat perilisannya. Dimulai dengan nilai tertinggi, seperti memenangkan hadiah utama di Venice Film Festival lalu disusul dengan nilai terendah ketika kekhawatiran tentang film ini menghasut kekerasan menjadi berita utama dan mendorong peningkatan keamanan di banyak bioskop di seluruh negeri.

Meskipun demikian, publik berkata lain lewat nominal pendapatan kotor yang mereka alami.

Baca Juga

"Sebuah film hebat akan naik di atas semua kebisingan. Kamu benar-benar ketinggalan dalam percakapan jika kamu belum melihat Joker,” kata Dergarabedian.

Secara internasional, Joker’ menambahkan 123,7 juta dolar AS dari 79 pasar. Total pendapatan globalnya menjadi 543,9 juta dolar AS setelah hanya 12 hari di bioskop.

Di posisi kedua, film The Addams Family yang ramah anak-anak tampil melebihi predikisi dengan meraup pendapatan kotor sebesar 30,3 juta dolar AS. Lalu Gemini Man yang sangat ambisius itu dengan menelan biaya produksi 140 juta dolar AS dilaporkan mengalami kesulitan mencapai titik impas. Gemini Man baru membukukan 59,5 juta dolar AS secara global.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA