Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Jane Fonda Sebut Dirinya adalah Ilmuwan Iklim

Kamis 17 Okt 2019 13:26 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Jane Fonda

Jane Fonda

Foto: AP
Jane Fonda mengaku telah mempelajari ilmu tentang iklim selama beberapa dekade.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Aktris asal Jane Fonda mengaku dirinya telah menjadi seorang ilmuwan iklim selama beberapa dekade terakhir. Pernyataan ini datang sebelum ia ditangkap dalam sebuah demonstrasi di Ibu Kota Washington DC, Amerika Serikat (AS), pada akhir pekan lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan ABC News, Fonda mengatakan bahwa ia secara pribadi telah mempelajari ilmu tentang iklim. Menurut perempuan berusia 81 tahun itu, hal inilah yang pada akhirnya berperan penting dalam keputusannya untuk berkomitmen dan terlibat sebagai aktivis.

“Saya telah menjadi ilmuwan iklim selama beberapa dekade, tapi itu adalah Greta Thunberg, seorang gadis remaja dari Swedia yang dengan berani bertindak di depan Parlemen Swedia. Banyak yang menyerah untuk membangunkan orang-orang dan mengajak mereka untuk berdiri bersama kami,” ujar Fonda dilansir Fox News.

Terlepas dari klaim Fonda, ia tidak menjelaskan secara rinci sejauh mana telah mempelajari tentang perubahan iklim. Menurut The Washington Times, ia pernah menempuh pendidikan fisiologi di Vassar College, namun tidak sampai lulus.

Fonda menjadi satu di antara 16 orang yang ditangkap dalam demonstrasi di Capitol, Washington pada Jumat (11/10). Menurut keterangan polisi, aktris pemeran Monster-in-Law itu dituduh atas pelanggaran karena ikut berkerumun, menghalangi, dan menampung massa yang terlibat dalam unjuk rasa. Saat itu, ia diketahui sedang berkumpul bersama dengan aktivis perubahan iklim lainnya.

Dalam sebuah video yang terlihat dari rekaman wartawan WUSA9, Mike Valerio, polisi tampak membawa Fonda ke tahanan dengan kondisi tangannya yang sudah terikat atau diborgol. Banyak orang di sekitarnya yang meneriakkan dukungan untuk perempuan kelahiran 21 Desember 1937 itu.

“Kami mencintaimu Jane,” ujar kerumunan yang ada di sekitar Fonda saat penangkapan dilakukan.

Hingga saat ini, manajer maupun perwakilan Fonda belum memberikan komentar resmi tentang penangkapan itu. Penangkapan dilakukan juga bertepatan setelah ia yang telah lama dikenal dengan kegiatannya sebagai aktivis dan secara vokal menyuarakan kritik mengatakan akan pindah ke Washington, meninggalkan tempat tinggalnya selama ini di Tinseltown.

Fonda mengatakan rencananya untuk tinggal setidaknya selama empat bulan di Washington itu sambil mengikuti seragkaian aksi unjuk rasa. Rencana itu dilakukan setelah dirinya mendapat persetujuan cuti dari serial film Grace and Frankie dari Netflix.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA