Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Lady Gaga Rilis Ulang Album Artpop Tanpa Lagu R Kelly

Jumat 18 Oct 2019 14:01 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Reiny Dwinanda

Lady Gaga

Lady Gaga

Foto: EPA-EFE/Justin Lane
Lady Gaga merilis ulang album Artpop dengan menyingkirkan duetnya dengan R Kelly.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Lady Gaga tak ingin ada hubungan lagi dengan bintang R&B yang terlilit kasus pelecehan seksual dengan belasan korban, R Kelly. Keduanya pernah berkolaborasi pada 2013.

Baca Juga

Menurut Rolling Stone dan Pitchfork, pelantun lagu "Shallow" itu akan merilis ulang album Artpop versi vinyl dan CD tanpa menyertakan lagu "Do What U Want" yang merupakan duetnya bersama Kelly. Gaga pun menjadi penyanyi pertama yang sengaja meluncurkan ulang album demi menghapus jejak kolaborasi musiknya dengan Kelly.

Langkah serupa lebih dulu dilakukan oleh Chance the Rapper. Belum lama ini, dia menarik lagu "Somewhere in Paradise" yang merupakan hasil kerja samanya dengan Kelly, dari platform streaming.

Bukan cuma menanggalkan karya Kelly di album ketiganya itu, Lady Gaga juga menghapusnya dari situs resminya. Pada Januari, lagu "Do What U Want" tak lagi dimasukan pada album Artpop Lady Gaga di iTunes, Apple Music, dan telah di masukkan daftar hitam dalam aplikasi musik Spotify.

Seperti dilansir USA Today pada Jum'at (18/10) keputusan merilis ulang album Artpop tanpa menyertakan lagu "Do What U Want" itu keluar menyusul tayangnya serial dokumenter "Surviving R Kelly" yang mendokumentasikan beberapa tuduhan pelecehan seksual oleh penyanyi, pencipta lagu, dan produser rekaman bernama lengkap Robert Sylvester Kelly tersebut. Merespons kasus keji itu, Lady Gaga pun mengambil sikap menentang.

"Saya berdiri di belakang para perempuan ini 1.000 persen. Saya percaya pada mereka, saya tahu mereka menderita dan kesakitan, dan merasa bahwa suara mereka harus didengar dan ditanggapi secara serius,” tulis penyanyi berusia 33 tahun itu dalam sebuah pernyataannya yang diunggah di akun Twitter miliknya.

"Apa yang saya dengar tentang tuduhan terhadap R Kelly benar-benar mengerikan dan sama sekali tak bisa dibenarkan. Sebagai korban pelecehan korban, saya sendiri membuat lagu dan video saat saya hidup dalam gelap. Niatku untuk menciptakan sesuatu yang sangat menantang dan provokatif karena saya marah dan masih menghilangkan trauma yang terjadi dalam hidupku sendiri. Lagu itu berjudul "Do what U Want" (dengan tubuhku), saya pikir jelas bagaimana secara eksplisit memutar pemikiran saya pada saat itu,” katanya.

Lady Gaga lantas menuliskan sekilas tentang masa silamnya ketika berjibaku menghilangkan trauma akibat pelecehan seksual. Gaga pun berniat untuk membela setiap korban pelecehan seksual.

Gaga berjanji menghapus lagu itu dari platform streaming dan tak akan bekerja sama lagi dengan Kelly. Album Artpop versi piringan hitam dan CD akan dirilis November mendatang tanpa menyertakan lagu ciptaan Kelly.

"Saya tak bisa kembali ke masa lalu, tapi saya bisa melangkah dan terus mendukung perempuan, laki-laki, dan orang-orang dari semua ras, yang menjadi korban serangan seksual."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA