Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Joker Buat Tangga di Bronx Jadi Ikonik

Senin 21 Oct 2019 14:44 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Esthi Maharani

Film Joker

Film Joker

Foto: Warner Bros via AP
Tangga itu dikenal dengan nama 'step street' dan telah menjadi lokasi wisata baru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Joker berhasil membuat salah satu tangga di wilayah Bronx, New York, Amerika Serikat (AS) menjadi ikonik. Bahkan, tangga tersebut telah menjadi objek wisata baru para turis. Para pelancong mulai ramai mendatangi jenjang itu sejak Film Joker yang dirilis dua pekan lalu itu sukses besar dan mendunia.

Sejumlah orang mulai mendatangi jenjang yang dikenal dengan nama 'step street' itu untuk berfoto meniru adegan ikonik di Film Joker. Yakni adegan di mana Arthur Fleck yang diperankan Joaquin Phoenix menuruni jenjang itu sembari menari sebagai pertanda ia berubah menjadi Joker, disertai dengan rambut warna hijau dan muka dicat seperti badut.

Salah satu turis yang mendatangi jenjang itu adalah Patricio Osuna. Datang dari Meksiko ke New York, ia menambahkan step street sebagai tujuan utama selain Patung Liberty dan Times Square.

"Saya mengunjungi New York untuk pertama kalinya dan saya mengatakan bahwa saya harus datang mengunjungi tangga itu," ujar Osuna (46) kepada Reuters, Rabu (16/10).

Wilayah Bronx sebenarnya bukanlah kawasan yang kerap dikunjungi turis, sebab daerah di utara New York itu dikenal dengan citra yang buruk sebagai daerah kumuh dan rawan kejahatan. Tapi, Film Joker membuat kawasan itu ramai dikunjungi wisatawan dan bahkan warga New York lainnya untuk berfoto meniru Joker.

"Ada sesuatu pada gerakannya saat menuruni tangga. Itu ada dalam jiwanya," kata Jay Garcia (30) seorang pembawa radio dari daerah Queens, tetangga Bronx.

Bagi penduduk Bronx sendiri, step street adalah hal biasa di wilayah itu, sebab Bronx adalah wilayah perbukitan. "Aku sudah tinggal di sini selama 30 tahun. Orang-orang menggunkannya setiap hari. Saya terpesona, kini mereka membuat jenjang ini menjadi terkenal," kata Laura Harry yang baru pulang berbelanja dan melihat sejumlah orang berfoto di jenjang itu.

Warga Bronx lainya, Jose Cruz juga menyampaikan kekagumannya ketika jenjang itu mulai mejadi objek wisata. Dia bersyukur, wilayah yang dulu ditakuti itu, kini menjadi ramai dikunjungi sejak Joker menari di sana. "Ini bagus untuk kita. Orang-orang tak perlu takut lagi datang ke Bronx seperti dulu," katanya.

Film Joker yang disutradarai oleh Todd Phillips dan didistribusikan oleh Warner Bros Pictures, telah mendominasi box-office selama dua pekan terakhir. Film itu memecahkan rekor sebagai film terlaris dalam dua pekan pertama Oktober, yakni meraup pemasuka sebesar 96,2 juta dolar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA