Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Coppola Bela Pendapat Scorsese tentang Film Marvel

Rabu 23 Oct 2019 06:31 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Indira Rezkisari

Francis Ford Coppola

Francis Ford Coppola

Foto: EPA
Coppola mengaku tak paham apa yang didapat dari menonton film Marvel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Sutradara berkebangsaan Amerika, Francis Ford Coppola, membela kritikan yang menghujam rekan seprofesinya Martin Scorsese mengenai film Marvel. Sebelumnya, Scorsese yang juga sutradara kawakan Amerika menyebut bahwa film-film produksi Marvel bukanlah sebuah film.

Komentar Scorsese memancing reaksi terutama dari para pecinta film superhero Marvel. Namun berbeda dengan Coppola, sutradara pemenang lima academy awards itu justru mendukung pernyataan Scorsese.

Seperti dilansir Hollywood Reporter, pembelaan Coppola untuk Scorsese itu datang usai menerima penghargaan Prix Lumiere pada Jumat lalu di Prancis. Coppola langsung menyatakan bahwa sikap Scorsese terhadap film-film Marvel adalah benar.

“Ketika Martin Scorsese mengatakan bahwa film-film Marvel bukanlah film, dia benar. Karena kita berharap untuk belajar sesuatu dari film, kita berharap mendapatkan sesuatu, beberapa pencerahan, beberapa pengetahuan, beberapa inspirasi. Aku tak tahu apa yang orang dapatkan dengan melihat film yang sama berulang kali,” kata Coppola yang sudah berusia 80 tahun.

Bahkan sutradara film Godfather itu membuat pernyataan yang lebih pedas dari Scorsese. Ia menyebut film Marvel sangat hina. “Martin sangat baik saat ia mengatakan itu bukan film. Dia tak mengatakan itu tercela. Saya katakan itu benar-benar hina,” katanya.

Coppola menjadi tokoh terkenal dalam industri perfilman yang angkat bicara usai komentar Scorsese yang menuai kritikan dari berbagai pihak tak terkecuali dari direktur film Guardian of the Galaxy, James Gunn, Jhon Whedon, Kevin Smith dan banyak lagi. Meski demikian Scorsese menerima kritikan itu dan tetap kokoh pada pernyataannya.

Pernyataan Scorsese itu bermula usai pemutaran perdana The Irishman secara global pada 1 November dan di Netflix 22 November. Dalam sebuah konferensi pers pada 13 Oktober, bersama Robert De Niro dan Al Pacino jelang pemutaran malam The Irishman di BFI London Film Festival, Scorsese mengulangi lagi pernyataan untuk film-film Marvel.

“Itu bukan film, itu sesuatu yang lain. Kita perlu kita perlu tontonan bioskop yang menunjukkan film yang merupakan film naratif,” katanya.

Lebih lanjut, Scorsese juga menyamakan bioskop dengan film Marvel tak baunya seperti taman hiburan. “Bioskop telah menjadi taman hiburan. Baik-baik saja dan bagus, tapi jangan semua datang untuk pengertian itu. Itu menciptakan jenis penonton berpikir bioskop adalah itu,” katanya.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA