Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

5 Cara Menyimpan Bahan Makanan dengan Benar di Kulkas

Ahad 27 Oct 2019 06:06 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: iStock

Foto: iStock

Salah dalam proses menyimpan, makanan justru malah terkontaminasi oleh bahan makanan

 Lemari pendingin atau yang akrab disebut kulkas, menjadi salah satu alat elektronik yang dapat menyimpan makanan untuk jangka waktu lama. Namun terkadang karena salah dalam proses menyimpan, makanan justru malah terkontaminasi oleh bahan makanan lain, yang membuat makanan jadi tidak awet.

Untuk menghindari kejadian tersebut, berikut cara menyimpan bahan makanan dengan benar di dalam kulkas yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Sayuran Masukan Dalam Plastik atau Kertas

Foto: iStock

Bila Anda ingin menyimpan sayuran, silakan dicuci terlebih dahulu. Setelah dicuci sebaiknya keringkan, kemudian masukan dalam plastik berlubang atau bungkus dengan kertas. 

Khusus untuk jamur sebaiknya simpan dalam kertas agar tak cepat busuk. Jauhkan sayur-sayuran dengan buah-buahan, bawang merah, dan bawang putih untuk menghindari gas yang dapat mengubah jadi kekuningan. Sayuran yang disimpan dengan cara ini dapat bertahan 2-3 hari.

Buah-buahan Jangan Dicuci

Buah-buahan yang akan disimpan di dalam kulkas tidak perlu dicuci terlebih dulu sebelum disimpan. Karena bila mencuci buah maka kelembapannya akan meningkat, sehingga dapat mempercepat proses pembusukan.

Baca Juga: Pembekuan, Cara Terbaru Hilangkan Lemak 

Untuk buah-buahan seperti pisang, alpukat, melon, dan jeruk justru jangan disimpan dalam kulkas. Khusus buah-buahan ini cukup disimpan dalam suhu ruangan saja. Dan jika Anda memiliki buah potong sebaiknya bungkus dengan plastik wrap agar tidak terjadi oksidasi.

Telur Disimpan dengan Posisi Benar

Sebelum Anda menyimpan telur di dalam kulkas sebaiknya cuci terlebih dulu agar isi makanan yang disimpan dalam kulkas tidak terkontaminasi. 

Telur disimpan dengan posisi yang benar, sebaiknya letakkan ujung yang kecil pada bagian bawah. Dengan posisi ini dapat memastikan kantung udara berada di atas tidak tertekan oleh berat telur sehingga tak mudah busuk. Telur yang disimpan di dalam kulkas dapat bertahan 3-5 minggu.

Simpan Daging dengan Pastik

Foto: iStock

Bila ingin menyimpan daging seperti sapi atau unggas sebaiknya tetap dalam kemasan plastik. Jika menyimpan daging dalam freezer sebaiknya sudah dibersihkan dan diporsi sesuai dengan kebutuhan.

Mengapa demikian? Karena bila Anda ingin memasak daging, maka ambillah sesuai kebutuhan kemudian dicairkan. Pastikan untuk tidak membekukan kembali daging tersebut agar lebih aman.

Simpan Sisa Makanan Dalam Wadah

Sisa makanan yang tak habis bisa disimpan dalam kulkas agar dapat dimakan lain waktu. Pastikan sisa makanan ditaruh dalam wadah kedap udara dan tidak ada udara yang masuk ke dalam wadah. Jangan taruh wadah di dekat bahan makanan mentah lainnya. Makanan yang mengandung daging dapat disimpan di kulkas selama 3-4 hari.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: ThomasRizal

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA