Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Tak Dicuci 30 Tahun, Kardigan Kurt Cobain Laku Rp 4,6 Miliar

Ahad 03 Nov 2019 11:32 WIB

Rep: Prasetyo Agung (cek n ricek)/ Red: Prasetyo Agung (cek n ricek)

Sumber: youtube

Sumber: youtube

Kardigan Kurt Cobain memang sudah menjadi legenda dalam dunia permusikan.

CEKNRICEK.COM -- Pecinta musik grup band Nirvana pasti ingat salah satu penampilan grup grunge asal Amerika Serikat tersebut di MTV Unplugged pada 18 November 1993 silam. Penampilan tersebut menjadi salah satu episode paling legendaris dari band yang beranggotakan tiga orang --Kurt Cobain, Krist Novoselic, dan Dave Grohl-- lantaran dalam acara itu mereka juga merilis album dan DVD berjudul “Unplugged in New York”.

Kurt Cobain, vokalis dan salah satu pentolan grup band yang mengambill nama grupnya berdasarkan konsep Budha itu, memakai kardigan (baju rajutan) berkancing depan terbuat dari benang wol hijau selama tampil dalam acara tersebut. Kini, setelah lebih dari tiga puluh tahun tidak dicuci dan pemiliknya bahkan tewas bunuh diri di usia 27 tahun pada 5 April 1994, kardigan yang juga berlubang akibat bara rokok itu laku dilelang sekitar US $334.000 atau sekitar Rp 4,6 miliar. Acara lelang digelar di Hard Rock Cafe New York, Amerika Serikat, Sabtu (26/10).

Dilansir laman BBC belum lama ini, kardigan dengan warna hijau zaitun itu memang sudah menjadi legenda dalam dunia permusikan. Terjualnya kardigan dengan harga fantastis ini sebenarnya di luar dugaan penyelenggara.

Mulanya, pihak penyelenggara mengira hanya akan terlelang sekitar US$ 200 ribu hingga US$ 300 ribu atau setara dengan Rp 2,8 miliar hingga Rp 4,2 miliar. Nyatanya, kardigan tersebut terjual Rp 4,6 miliar hingga menjadikannya sebagai Kardigan paling mahal yang pernah dijual rumah lelang tersebut.

Bukan Hanya Kardigan 
Selain kardigan, barang lain dari pelantun lagu The Man Who Sold the World' ini juga ada dilelang. Tak kalah fantastis barang-barang tersebut juga laku terjual dengan harga mencapai miliaran rupiah.

Beberapa di antaranya adalah gitar kustom merek Fender yang digunakan Kurt Cobain pada 1993 di tur In Utero. Gitar tersebut didesain khusus untuk orang kidal dan berwarna biru kehijauan.

Baca Juga: Kardigan Kurt Cobain Akan Dilelang Seharga Rp4,2 Miliar

Setelah dipajang selama beberapa tahun di Rock and Roll Hall di Hall of Fame, Ohio, Amerika Serikat, pada lelang ini gitar tersebut terjual dengan harga US$ 340 dolar setara dengan Rp 4,7 miliar.

Pelelangan gitar ini juga menjadi lebih spesial karena disertai oleh surat cinta dari Courtney Love, istri Kurt Cobain yang dinikahinya pada 1992. Surat tersebut dikatakan menjadi salah satu inspirasi Kurt dan menjadikannya sebagai salah satu instrumen favorit.

Lelang tersebut tidak hanya menjual barang milik Kurt, tapi ada pula barang dari penyanyi legendaris lainnya. Disebutkan, turut dilelang juga lebih dari 700 barang dari para musisi, seperti Elvis Presley, The Beatles, Michael Jackson, Madonna, dan Jimi Hendrix.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA