Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Sutradara Todd Phillips Ungkap Nasib Sophie Dumond di Joker

Kamis 07 Nov 2019 11:25 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda

Joaquin Phoenix dalam film Joker.

Joaquin Phoenix dalam film Joker.

Foto: Warner Bros via AP
Nasib Sophie Dumond tidak diungkapkan di film Joker.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sutradara film Joker] Todd Phillips mengungkap nasib Sophie Dumond, ibu tunggal yang disukai Joker dalam film tersebut. Karakter yang diperankan oleh Zazie Beetz ini merupakan tokoh baru yang tidak ada dalam komik.

Baca Juga

Hubungan Sophie dan Arthur Fleck adalah satu-satunya kebaikan yang Arthur temukan di dunia. Namun, tindakan Joker mengungkapkan bahwa itu semua adalah khayalan dari kejiwaannya yang menurun.

Dalam film, Sophie meminta Arthur untuk meninggalkan apartemennya, tetapi tidak pernah diperlihatkan bagaimana konflik mereka berakhir. Hal ini membuat penonton memperdebatkan apakah Arthur membunuhnya atau apakah Sophie selamat seperti rekan kerja Arthur, Gary.

Apa kata sang sutradara? Phillips menegaskan bahwa Arthur tidak membunuh Sophie.

"Dia tidak membunuhnya secara definitif. Sebagai pembuat film dan penulis saya katakan dia tidak membunuhnya. Kami menyukai gagasan bahwa itu hampir seperti tes bagi penonton untuk mengatakan, 'seberapa gila dia?' Kebanyakan orang yang saya ajak bicara berpikir dia tidak membunuhnya karena mereka memahami gagasan bahwa dia hanya membunuh orang yang salah. Sophie tidak ada hubungannya dengan itu.  Kebanyakan orang mengerti bahwa, bahkan sebagai penjahat, Joker hidup dengan kode tertentu. Tentu saja dia tidak membunuh wanita ini," jelas Phillips, dilansir Cinema Blend, Kamis (7/11).

Komentar Phillips pastinya membuat banyak penonton bioskop senang. Soalnya, di film tidak dijelaskan apakah karakter Zazie Beetz dan putrinya berhasil keluar dari pertemuan mereka dengan Joker.

Akan tetapi, sepertinya penjahat ikonik ini memiliki kode sendiri, dan hanya ditampilkan membunuh orang-orang yang memiliki kesalahan. Sophie tidak termasuk dalam kategori itu.

Hubungan antara Sophie dan Arthur pada akhirnya diceritakan tidak nyata dan membuat penonton terkejut atas yang sebenarnya terjadi. Khayalan itu muncul begitu Arthur tidak mendapatkan obat lagi.

Arthur tidak pernah menghabiskan waktu dengan Sophie, meskipun pasangan itu terlihat berkencan dan bersama di rumah sakit. Jadi ketika Joker muncul memasuki apartemen Sophie melalui pintu yang tidak terkunci, Sophie tampak khawatir.

Namun, akhir film tidak menunjukkan akhir dari interaksi mereka atau bagaimana Arthur meninggalkan apartemen Sophie. Tetapi setelah banyak diskusi, Phillips cukup baik untuk menjelaskan akhir nasib Sophie. Film Joker yang tayang pada awal Oktober lalu kini telah meraup lebih dari 930 juta dolar AS.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA