Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Kain Ulos Eco Fashion Menggunakan Pewarna Alam

Jumat 08 Nov 2019 17:39 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Produk fashion ramah lingkungan sering disebut dengan eco fashion, green fashion atau sustainable fashion yang beberapa tahun terakhir mendapat perhatian yang cukup besar dari anak muda. 

Produk fashion ramah lingkungan sering disebut dengan eco fashion, green fashion atau sustainable fashion yang beberapa tahun terakhir mendapat perhatian yang cukup besar dari anak muda. Mereka bahkan mulai banyak menggunakan produk fashion dengan pewarna alam.

Dalam acara Next Generousion bertama Eco Fashion Indonesia salah satu pembicara yang dihadirkan Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi, Romy M. Eddy, memperkenalkan kain ulos ramah lingkungan. Kain ulos yang termasuk eco fashion dengan menggunakan pewarna alami. 

"Dengan menggabungkan kunyit dan jeruk purut untuk membuat ulos. Tapi kan kunyit itu akan membuat jadi kuning sekali warnanya jadi digabung dengan jeruk purut sehingga warnanya jadi seperti ini," kata Romy M Eddy di Epiwalk Kuningan, Jakarta Selatan, Ahad (3/11) malam. 

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Baca Juga: Fashion Rhapsody Ajak Perancang Dukung Kelestarian Bumi

Tak hanya kunyit dan jeruk purut, untuk mendapatkan warna gelap hingga warna lain pada kain ulos juga dengan mengolah dedaunan. "Kita juga memakai daun-daunan, kalau mau hitam pakai daun ketapang, kalau biru pakai tayub jadi kita memang membuat eco fashion dari pewarna alam," jelasnya. 

Menurut dia, untuk membuat satu kain ulos yang dibuat dengan eco fashion lebih cepat bila dibandingkan ulos biasanya. Ia mengaku pengrajin hanya membutuhkan waktu dua hari. 

Romy juga mengatakan, kain ulos eco fashion lebih ramah lingkungan, karena tidak menggunakan pewarna tekstil yang dapat mencemari lingkungan sekitar. "Kita mulai mengarah ke eco fashion dan ramah lingkungan, jadi lebih manusiawi lah. Karena kalau saya lihat pewarna pada kain ulos itu bisa mencemarkan air di sekitar kita," ucap Romy. 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA