Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

13 Tahun tak Manggung, Tofu Semangat Reuni

Kamis 07 Nov 2019 15:48 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Musisi Anton dan Fla, personel grup musik Tofu.

Musisi Anton dan Fla, personel grup musik Tofu.

Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Selama 13 tahun tidak naik panggung membuat suara dan penampilan Tofu berubah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik Tofu mengakui suara dan penampilan mereka berubah setelah jeda 13 tahun tidak tampil di atas panggung. Akan tetapi, para anggota formasi awal dan baru yakni Fla, Anton, Uya, dan Arief tetap semangat melangsungkan reuni.

Tofu akan manggung di The 90's Festival yang segera berlangsung di Gambir Expo, Kompleks JI Expo Kemayoran, Jakarta, 23 sampai 24 November 2019. Salah satu personel, Anton Budinugroho, mengaku tak ada kesulitan terkait materi musik.

"Repertoar yang dulu dikulik lagi. Contekan partitur masih ada tinggal ikutin aja. Cuma dulu napas masih panjang, sekarang mulai ngos-ngosan. Biasanya kan baca lirik, sekarang sudah susah, harus agak jauh bacanya," kata Anton.

Faktor usia memang tidak bisa berbohong. Personel lain, Xochitl Priscilla yang lebih dikenal dengan nama Fla, mengakui kualitas suaranya saat ini mengalami penurunan dibandingkan dahulu. Mereka pun dulu lebih lincah.

Sambil berseloroh, Fla mengatakan personel Tofu sudah oom-oom dan tante-tante. Fla membocorkan, semua personel sudah mengalami kenaikan berat dalam jumlah signifikan, bahkan ada juga yang sudah harus rutin minum obat darah tinggi.

Semua itu tidak membuat Tofu kurang bersemangat atau tidak percaya diri. Mereka malah menganggapnya sebagai perjalanan hidup yang harus dilalui. Fla senang karena tiap personel kini sudah memiliki anak dan saat bertemu seperti satu keluarga besar.

Anton, Fla, dan Uya pertama kali berjumpa pada 1993 dalam ajang "Festival Musik di Tenda Mangkal Prambors". Mereka membentuk grup musik Tofu pada 1999 yang sudah menelurkan sejumlah album dan deretan lagu hit.

Formasi berubah pada 2003 karena Uya ingin menempuh karier solo. Joeniar Arief bergabung di tahun yang sama. Penampilan reuni mendatang akan menghadirkan keempat personel. Fla mengatakan, tidak ada kecanggungan karena hubungan mereka baik-baik saja.

"Kita enggak pernah berantem, enggak pernah marahan. Pergantian formasi juga tidak dilandasi kemarahan. Ketemu lagi setelah sekian lama enggak ada yang berubah, tetap fun, tetap seru banget," ucap Fla.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA