Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Jaga Pita Suara, Vina Panduwinata Berhenti Merokok

Kamis 07 Nov 2019 15:57 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Penyanyi Vina Panduwinata

Penyanyi Vina Panduwinata

Foto: Antara/Didik Suhartono
Sudah dua tahun ini Vina berhenti merokok dan rajin minum air putih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan usia yang sudah menginjak kepala enam, diva pop Indonesia Vina Panduwinata masih tampil energik dari satu panggung ke panggung lainnya. Perempuan yang biasa disapa dengan panggilan Mama Ina itu punya cara khusus menjaga suaranya.

"Mama Ina menjaga pita suara dengan rutin minum air putih. Sudah dua taun ini lepas rokok. Merokok itu mungkin tidak membunuh, tapi menyusahkan. Ada efeknya ke suara," kata pelantun tembang "Burung Camar" itu.

Beberapa tahun silam, Vina menyadari kebiasaan merokok berdampak kurang baik terhadap suaranya. Dia kesulitan melakukan teknik falsetto untuk menghasilkan nada tinggi, sampai-sampai harus ngotot untuk menyanyikannya.

Pada titik itulah Vina memutuskan menghentikan kebiasaan merokok. Dia juga menjaga kondisi tubuhnya dengan mengatur pola hidup. Jika dulu terbiasa tidur pukul lima pagi, sekarang Vina membiasakan diri sudah terlelap pukul satu pagi.

Vina mengaku tidak terbiasa melakukan olahraga rutin. Dia hanya sesekali melakukan stretching saat sempat. Cara lain untuk tetap sehat adalah dengan selalu berpikiran positif, bergaul dengan lingkungan yang menyenangkan.

Itu menjadi salah satu alasan Vina kerap melibatkan musisi muda dalam penampilannya belakangan. Sang penyanyi juga akan tampil dalam format Vina Panduwinata and Her Close Friends di acara The 90's Festival, 23-24 November 2019.

Menurut Vina, berkumpul dengan anak-anak muda membuatnya terus memperbarui informasi, baik soal musik maupun lelucon kekinian. Dia ingin lebih membuka mata dan telinga serta merangkul generasi muda agar lebih bahagia.

"Kalau kita happy, Insya Allah akan awet muda. Mama Ina ingat pesan ayahnya Mama Ina, jadi manusia harus berguna untuk orang lain maka jiwa kita akan terus hidup," ujarnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA