Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

BTS Sumbang 0,3 Persen ke PDB Korea Selatan

Jumat 08 Nov 2019 02:30 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Indira Rezkisari

Boy Band asal Korea, BTS, beraksi di atas panggung.

Boy Band asal Korea, BTS, beraksi di atas panggung.

Foto: EPA-EFE/Yonhap
Tahun lalu BTS tercatat mencetak penghasilan minimal 4,65 miliar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BTS menjadi salah satu grup K-Pop paling sukses di dunia. BTS menunjukkan keberhasilannya dengan memberikan pendapatan atau penghasilan banyak bagi agensi tempatnya bernaung, yakni BigHit Entertainment.

Keberhasilan BTS bahkan termasuk memberikan pemasukan bagi negaranya, Korea Selatan. Dilansir dari Koreaboo, Jumat (8/11), berdasarkan data statistik 2018 yang dikumpulkan dan dikeluarkan oleh sebuah perusahaan bernama Statista, BTS memberikan kontribusi sebesar 0,3 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Korea Selatan.

Hasil ini didasarkan pada pendapatan yang dilaporkan oleh grup K-pop itu sebesar 4,65 miliar dolar Amerika Serikat.

Sementara itu, di atas BTS, terdapat maskapai Korean Air yang memberikan kontribusi PDB sebesar 0,7 persen atau jumlah pendapatan senilai 11,65 miliar dolar Amerika Serikat.

Meski demikian, pencapaian BTS tersebut tidak seperti nama-nama besar lainnya yang masuk dalam daftar itu. Sebab, BTS bukanlah sebuah perusahaan.

Dengan kata lain, penghasilan mereka sebesar 4,65 miliar dolar Amerika Serikat itu belum termasuk pendapatan lainnya dari BigHit Entertainment. Ini menjadi bukti lebih lanjut dari dampak yang dihasilkan BTS di Korea Selatan.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA