Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Menikmati Kolaborasi Anggun dan Luciano Pavarotti

Rabu 13 Nov 2019 03:43 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Anggun C Sasmi.

Anggun C Sasmi.

Foto: Antara
Anggun berduet secara virtual dengan maestro tenor mendiang Luciano Pavarotti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyimak Anggun C Sasmi melantunkan lagu-lagu hit dari albumnya mungkin sudah biasa. Menjadi istimewa apabila sang musisi yang terkenal di kancah internasional itu berkolaborasi dengan penyanyi opera Italia.

Kombinasi tidak biasa itu hadir pada "The Luciano Pavarotti Foundation and Anggun in Concert" yang berlangsung di Aula Simfonia Jakarta, akhir pekan lalu. Anggun berbagi panggung dengan penyanyi dari Luciano Pavarotti Foundation.

Giulia Mazzola (soprano), Matteo Desole (tenor), Giuseppe Infantino (tenor), dan Lorenzo Licitra (tenor) bernyanyi penuh penghayatan bersama Anggun. Suara indah mereka diiringi alunan musik orkestra dari Jakarta Simfonia Orchestra.

Baca Juga

photo
Penyanyi tenor asal Italia Luciano Pavarotti saat konser di Rusia pada 1997.

Komando orkestra ada di tangan konduktor perempuan Eunice Tong Holden, yang memulai dengan lagu kebangsaan "Indonesia Raya". Selama sekitar dua jam (ditambah jeda 20 menit), Eunice dan tim menyajikan 18 tembang.

Anggun membawakan tiga tembang sepanjang pertunjukan, termasuk lagu andalan "Snow on the Sahara". Pada bagian tersebut, dia membawakan lagu bersama tiga pria pemilik suara tenor, yakni Desole, Infantino, dan Licitra.

Dia juga membawakan "At Last" karya komposer Amerika Serikat Harry Warren bersama Lorenzo Licitra. Penonton mendapat kejutan tak terduga saat Anggun membawakan lagu penghabisan berjudul "Caruso".

Lewat tayangan video di layar panggung, Anggun seolah berduet dengan mendiang Luciano Pavarotti yang tampil lewat rekaman video. Begitu lagu berakhir, Anggun tidak bisa menahan haru dan membersit air matanya.

Pavarotti adalah penyanyi opera berkebangsaan Italia dengan suara tenor khasnya yang sudah dikenal hingga mendunia. Salah satu penampilannya yang tersohor dalam sejarah adalah Olimpiade Musim Dingin pada 2006.

Selepas kepergian sang maestro pada 2007 silam, sang istri berinisiatif membentuk Luciano Pavarotti Foundation. Nicoletta Mantovani Pavarotti ingin melanggengkan kenangan dan warisan seni suaminya.

Malam itu, Anggun berterima kasih kepada Luciano Pavarotti Foundation, Kedutaan Besar Italia, dan Institut Kebudayaan Italia selaku penyelenggara acara. Dia juga memuji kemegahan Aula Simfonia Jakarta. "Kita beruntung memiliki aula konser yang sangat menakjubkan. Ini yang dibutuhkan Jakarta," kata Anggun.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA