Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Terkuak Fakta Unik Mengapa Joker Sembunyi di Kulkas?

Jumat 15 Nov 2019 00:04 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Foto: Warner Bros Pictures

Foto: Warner Bros Pictures

Adegan Joker sembunyi di kulkas sebenarnya tidak tercatat dalam naskah.

CEKNRICEK.COM -- Sebulan lebih sudah Joker (2019) tayang di layar lebar secara internasional. Di Indonesia sendiri, film ini ditayangkan sejak 02 Oktober dan hingga saat ini masih ada beberapa bioskop yang menayangkan film garapan sutradara Todd Phillips itu.

Menurut catatan dari Boxofficemojo, Joker secara global telah meraup US$986,5 juta atau sekitar Rp 13,8 triliun. Rinciannya, US$313,5 juta atau sekitar Rp 4,4 triliun atau sekitar 31,8 persen total pendapatan Joker merupakan pendapatan domestik Joker di pasar AS, sementara sisanya didapat secara internasional.

Joker bukan saja menjadi film dengan rating R atau Restricted (terbatas) paling sukses sepanjang sejarah, namun film ini juga mengandung banyak hal yang diinterpretasikan berbeda. Hal ini membuat film ini juga tidak pernah sepi dari diskusi para fans.

Ada beberapa pertanyaan yang muncul, terkait film ini, misalnya misteri tentang apakah Joker benar anak dari Thomas Wayne dan Penny Fleck? Atau yang juga sedikit nyeleneh dari film ini adalah adegan Arthur Fleck yang dibintangi aktor watak Joaquin Phoenix masuk ke dalam kulkas.

Banyak yang beranggapan adegan masuk kulkas tersebut menggambarkan Arthur yang mencoba mendinginkan diri setelah dihina dan direndahkan orang lain. Tapi, ternyata ada fakta menarik dari adegan tersebut.

Baca Juga: Kala Joker Tak Bisa Tertawa Lagi

Dalam wawancara dengan CinemaBlend, sinematografer film Joker, Lawrence Sher, menyebutkan bahwa sebenarnya adegan tersebut tidak tercatat dalam naskah adegan. Menurut Sher, ketika Phoenix masuk ke dalam kulkas (seperti dalam adegan filmnya) tidak ada satupun kru yang mengetahui jika dia akan melakukan hal tersebut.

Sumber: Istimewa

"Ketika dia masuk ke dalam kulkas, kami tidak tahu dia akan melakukan itu. Kami menyiapkan dua posisi kamera, dan Joaquin hanya berpikir tentang apa yang akan ia lakukan jika ia penderita insomnia parah," ujar Sher dikutip dari Screen Rant.

Baca Juga: Apakah Benar Joker Membunuh Kekasihnya?

Menurut Sher, dia dan timnya sudah mempersiapkan dua buah kamera di posisi yang berbeda. Adegan ini dianggap sebagai interpretasi dari Arthur yang mengisolasi dirinya dari dunia luar yang terus menolaknya. Seperti yang diketahui, sebelum adegan ini, Arthur telah ditolak oleh sosok yang selama ini dikagumi ibunya dan berpotensi menjadi ayahnya, Thomas Wayne.

Bersembunyi di ruang kecil dan terbatas bisa menghibur bagi Arthur dibandingkan dikelilingi oleh dunia yang penuh dengan orang yang menolaknya. Ada pula yang memberikan interpretasi bahwa Arthur sebenarnya bermaksud bunuh diri melalui mati lemas atau hipotermia.

Foto: Warner Bros Pictures

Beruntung setelah adegan itu, dirinya mendapat telepon untuk hadir di acara Murray Franklin. Namun, kita tahu apa yang terjadi setelah adegan itu.

Tak hanya soal adegan masuk kulkas, banyak penonton film Joker juga bertanya-tanya, apakah Sophie Dumond, kekasih Arthur (Joker) yang diperankan Zazie Beetz, akhirnya dibunuh Arthur saat adegan di apartemen. Atau, hal tersebut hanya imajinasi Arthur saja.

Sutradara Joker, Todd Phillips mengatakan bahwa Arthur Fleck tidak membunuh Sophie Dumond. Phillips mengungkapkan, Sophie memang tidak pernah dibunuh oleh Arthur. Ia sengaja memotong bagian tersebut untuk menjaga struktur narasi film agar tetap menunjukkan peristiwa melalui perspektif Joker. 

BACA JUGA: Cek SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: ThomasRizal

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA