Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Buku Masak Praktis Ala Rozma Suhardi

Selasa 19 Nov 2019 14:04 WIB

Red: Nora Azizah

Rozma Suhardi dalam acara peluncuran bukunya

Rozma Suhardi dalam acara peluncuran bukunya

Foto: Instagram @rozmasuhardi
Buku masak karya Rozma tercipta dari hidangan yang sering dimasak di dapur rumahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berawal dari hobi masak, Rozma Suhardi akhirnya memberanikan diri menerbitkan buku perdananya '100 Resep Hidangan Rumahan Easy & Quick'. Buku ini tidak lahir begitu saja, butuh waktu bertahun-tahun bagi Rozma untuk merangkum masakan rumah populer menjadi 100 resep.

Blogger yang dikenal bergabung dalam Girls Squad ini perlu melakukan survei terlebih dahulu sebelum merumuskan 100 resep tersebut. Tak hanya menguji resep di dapur rumah, survei dilakukan juga dengan menelaah banyak buku resep hidangan nusantara lainnya.

"Saya berusaha resep-resep yang ada di dalam buku saya berbeda dari beragam resep yang sebelumnya ada di buku masak lainnya," ujar Rozma dalam acara peluncuran bukunya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Rozma mengatakan, beberapa resep mungkin sudah ada di dalam buku masak lainnya. Namun, ada perbedaan dari segi teknik memasak atau bumbu yang digunakan. Misalnya, dalam resep Ayam Goreng, Rozma menggunakan bumbu khas Makassar yang menjadi daerah tempat ia berasal.

Tak hanya bumbu, Rozma menyajikan resep-resep masakan rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Meski demikian, ia juga mengedukasi perempuan Indonesia untuk menggunakan bahan dan bumbu premium.

"Kata premium di sini bukan berarti mahal ya, tetapi berkualitas dan segar," jelas Rozma.

Resep yang ia rangkum tersebut juga tergolong mudah untuk diterapkan di dapur rumah. Sebab, Rozma tidak mengharuskan makanan dimasak dengan menggunakan peralatan modern atau yang sulit ditemukan. Beberapa masakan bahkan bisa matang hanya dalam waktu 15 menit saja.

Buku karya Rozma '100 Resep Hidangan Rumahan Easy & Quick' saat ini sudah dijual luas di semua toko buku seluruh Indonesia. Buku masak yang cukup tebal ini dikemas menarik. Rozma juga menyumbangkan seluruh royalti penjualan buku bagi masyarakat yang membutuhkan melalui sebuah yayasan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA