Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Einsten, JFK, Adam Levine Idap ADHD, Siapa Lagi Contohnya?

Rabu 20 Nov 2019 13:42 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Reiny Dwinanda

Adam Levine, vokalis Maroon 5

Adam Levine, vokalis Maroon 5

Foto: EPA
Sejumlah tokoh terkenal seperti Einstein, JFK, dan Adam Levine mengidap ADHD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The South African Depression and Anxiety Group (SADAG) melaporkan, lebih dari satu juta orang dewasa Afrika Selatan berusia antara 20 dan 50 tahun mengidap attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Angkanya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

ADHD adalah gangguan mental yang menyebabkan seorang anak sulit memusatkan perhatian serta memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif. Meski ADHD paling umum terjadi pada anak-anak, ternyata sekitar 60 - 70 persennya berlanjut hingga dewasa.

Baca Juga

Dilansir laman Health24, Rabu (20/11), ternyata sejumlah tokoh terkenal dunia mengidap ADHD. Berikut di antaranya:

Albert Einstein

isikawan paling berpengaruh abad ke-20 dan terkenal dengan teori relativitasnya itu mengidap ADHD. Dia dikenal pelupa, sering tampak tidak menyadari lingkungannya, dan senang dengan penampilannya yang acak-acakan. Einstein pada dasarnya hidup dengan aturannya sendiri.

Sir Richard Branson

Maestro bisnis asal Inggris itu juga mengidap ADHD. Namun ia berhasil membuat perusahaan penjelajahan ruang angkasa dan juga memeliki beberapa pulau pribadi.

John F Kennedy

Presiden Amerika Serikat ke-35 itu diketahui mengidap ADHD saat menjadi anggota kongres dan senat AS. Presiden yang sangat populer itu menorehkan sejumlah prestasi, salah satunya Perjanjian Larangan Uji Nuklir.

Will Smith

photo
Will Smith

Meski mengidap ADHD, aktor kenamaan AS itu berhasil membintangi sejumlah box office, menjadi produser, dan membawakan lagu rap. Smith bahkan disebut sebagai aktor paling berpengaruh di Hollywood.

Jim Carrey

Aktor dan komedian AS ini mengidap ADHD serius karena dia tak bisa menghentikan prilaku hiperaktif aktifnya. Dia telah membintangi beberapa komedi terbesar sepanjang masa. ADHD bekerja dengan baik untuknya.

Zooey Deschanel

Model sekaligus aktris AS itu mengakui bahwa mengidap ADHD dalam unggahan blog-nya.

Adam Levine

Vokalis Maroon 5 itu pernah menceritakan kepada ADDitute Magazine bahwa ia telah berjuang untuk mengatasi masalah ADHD yang dialaminya sejak kecil. Dia juga mengungkapkan bagaimana, sebagai penyandang ADHD dewasa, dia berjuang dengan menulis lirik dan beraktivitas di studio rekaman.

Michael Jordan

photo
Michael Jordan

Pemain basket NBA terbaik sepanjang masa itu diketahui juga mengidap ADHD. Tak hanya itu, ia kini juga memiliki salah satu klub basket NBA, Charlotte Hornets.

Solange Knowles

Dia telah didiagnosis dokter mengidap ADD. Ia memang kerap disangka banyak orang sedang mabuk lantaran pola bicaranya yang sporadis dengan penuh energi.

Lisa Ling

Jurnalis AS ini mulai mencurigai ia mengidap ADHD ketika bekerja sama dengan anak-anak ketika menggarap serial dokumenternya, Our America with Lisa Ling. Dokter pun membenarkan bahwa ia mengidap masalah mental itu, tapi ia malah menilai kesuksesan karier jurnalistiknya salah satunya karena ADHD.


Justin Timberlake

photo
Justin Timberlake

Penyanyi yang telah memenangi sembilan penghargaan Grammy itu mengakui sendiri bahwa dia mengidap ADHD.

Walt Disney

Tokoh inspirasi di balik Disneyland ini diketahui juga mengidap ADHD. Prestasinya sangat gemilang sebagai seorang yang memiliki masalah mental, yakni sejumlah film kartun yang sukses di layar kaca selama bertahun-tahun.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA