Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Mesir Temukan Lima Mumi Anak Singa

Ahad 24 Nov 2019 15:45 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Joko Sadewo

Mesir menemukan mumi tiga anak singa. Foto mumi (ilustrasi)

Mesir menemukan mumi tiga anak singa. Foto mumi (ilustrasi)

Foto: Flickr
Temuan mumi anak singa ini merupakan peninggalan dinasi ke-26 abad ketujuh.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Pemerintah Mesir memperkenalkan sejumlah artefak kuno yang ditemukan baru-baru ini. Seperti dilansir Daily Sabah pada Ahad (24/11), Artefak yang ditemukan yakni 75 patung kayu dan perunggu hingga lima mumi anak singa, serta hieroglif di nekropolis Saqqara yang berada dekat piramida Giza di Kairo. Selain itu terdapat juga mumi kucing, kobra, buaya dan jimat yang ditemukan baru-baru ini.

Menurut keterangan Kementerian Purbakala Mesir, benda-benda itu ditemukan di kaki kuil Bastet, yakni tempat untuk pemujaan kucing orang-orang Mesir kuno. Menteri Purbakala, Khaled El Enany mengatakan dari hasil studi arkeologi menunjukkan lima dari mumi itu adalah anak singa.

Artefak lain yang ditemukan dalam penggalian itu seperti patung banteng apis, musang, ibis, elang, dan dewa Mesir kuno yakni Anubis. Menurut Enany artefak itu kepunyaan dinasti ke-26 abad ketujuh sebelum Masehi.

Terdapat juga 73 patung dewa-dewa Mesir kuno dari perunggu seperti dewa Osiris, enam patung kayu Ptah-Soker dan 11 patung Sekhmet yakni dewi kesembuhan bagi para kesatria.

Pemerintah Mesir terus berupaya mempromosikan warisan sejarahnya sebagai langkah untuk menghidupkan kembali sektor vital pariwisata, yang terpukul oleh ketidakamanan dan politik di negara itu. Meski sejumlah pengamat melihat banyak situs arkeologi dan museum yang lalai dan manajemen yang buruk.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA