Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Menekuni Bakatnya Sejak Kecil Antarkan Raisa Andriana Jadi Penyanyi Papan Atas. Ini Kisah Inspiratifnya!

Sabtu 07 Dec 2019 08:01 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Sebelum sukses manjadi penyanyi papan atas, Raisa sempat jadi vokalis band hingga wedding singer. Simak kisah perjalanan karirnya yang menginspirasi berikut.

Siapa yang tak mengenal sosok Raisa Andriana? Ya, wanita ini tak hanya memiliki paras cantik saja, tapi juga punya suara yang sangat merdu dengan ciri khasnya. Kedua hal ini membuat dirinya semakin banyak penggemar.

Baca Juga

Istri dari Hamish Daud Wyllie ini sudah cukup lama malang-melintang di dunia tarik suara. Kebolehannya bernyanyi sebagai solois sudah tidak diragukan lagi. Putri dari Allan N. Rachman dan Ria Mariaty ini bahkan dijuluki sebagai The New Diva di blantika musik dalam negeri sebab ia mampu melahap beberapa genre musik, mulai dari Pop, Jazz, R&B dan Soul.

Namun tak banyak yang tahu, sebelum sukses dan digilai banyak fans seperti sekarang, wanita kelahiran Jakarta, 6 Juni 1990 ini punya perjuangan karir yang penuh dengan liku-liku.

Agar tak penasaran, simak ulasan berikut yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber mengenai kisah sukses karirnya sebagai penyanyi yang menginspirasi!

 

Bakat Menyanyi Sudah Terlihat Sejak Kecil

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by @raisa6690 on

Ketertarikan dan bakat Raisa di dunia tarik suara sudah terlihat sejak usianya masih 3 tahun. Raisa terinspirasi bernyanyi lantaran ibunya pun menyukai dunia tarik suara. Sang ibu senang melihat putrinya juga suka bernyanyi.

Saat Raisa duduk dibangku sekolah kelas 3 SD barulah, ia mengikuti kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. Saat itu Raisa sudah menunjukkan bakat dan performa yang cukup tinggi. Hal ini membuat gurunya memberi Raisa kesempatan untuk bernyanyi solo dengan diiringi paduan suara.

Karena suaranya yang makin enak dan merdu terdengar, setelah Raisa remaja alias saat SMP dan SMA jadi sering diminta tampil dalam acara acara ulang tahun, reuni, hingga pentas musik dan seni.

Menjadi Vokalis Band Bentukan Kevin Aprilio

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by @raisa6690 on

Sebelum menyapa publik dengan lagu Serba Salah yang meledak di pasaran, Raisa tercatat pernah menjadi vokalis band bentukan Kevin Aprilio yang bernama Andante yang belakangan, Andante kemudian dikenal publik sebagai Vierra (Vierratale).

Namun, sayangnya Raisa tak bertahan lama menjadi vokalis Andante, sebab dirinya memutuskan untuk menjadi penyanyi solo. Adanya perbedaan visi misi juga membuat Raisa hengkang dari band besutan putra penyanyi Memes dan komposer Addie M. S. tersebut. 

Meski begitu, Raisa tak menyesal atas keputusannya. Karena menurutnya, bersolo karir dapat membuatnya tetap mempertahankan idealismenya sebagai pemain musik.

Mulai dari Nol, Menjadi 'Wedding Singer' dan 'YouTuber'

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by @raisa6690 on

Keluar jadi vokalis band membuat Raisa harus mulai karir bernyanyi dari nol. Di waktu senggangnya, ia terus mengasah bakatnya bernyanyi dengan banyak cara. Ia bahkan menjadi penyanyi yang menghibur di sejumlah acara pernikahan, alias wedding singer. Selain untuk mengasah performanya, hobinya yang senang bernyanyi pun jadi tersalurkan.

Raisa tak hanya menjajal acara pernikahan dan lainnya, ia juga tak malu untuk tampil bernyanyi regular dari cafe ke cafe. Namun justru hal inilah yang membuatnya tumbuh dan lebih menghargai proses dari bawah.

Tak hanya itu saja, wanita lulusan Universitas Bina Nusantara ini juga mencicipi jadi YouTuber dengan mengunggah lagu cover dari sejumlah penyanyi favoritnya yang hits dan berjaya di tahun 90-an.

Baca Juga: Marion Jola, Penyanyi Pendatang Baru yang Nyabet Banyak Prestasi

Dari 'Backing Vocal' RAN Hingga Debut Lagu Serba Salah

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by @raisa6690 on

Kesuksesan seorang wanita yang akrab dipanggil Yaya ini memang tak lepas dari produsernya yang merupakan personel RAN sekaligus teman kampusnya. Bahkan, dulu Raisa pernah menjadi backing vocal saat grup musik beken ini tampil di ajang musik bergengsi, Java Jazz 2008.

Kini, Raisa yang menyukai Alicia Keys, James Ingram, Brian McKnight, Stevie Wonder, JoJo hingga Joss Stone sebagai influence-nya ini telah sukses menjadi salah satu solois papan atas. Bahkan sekarang penampilannya juga kerap dinanti-nanti dalam acara Java Jazz.

Astono Handoko alias Asta (RAN), Adrianto Ario Seto (Soulvibe), dan Ramadhan Handy serta Nanda Oka yang merangkap manajer yang merupakan orang-orang hebat  yang memproduseri album pertama Raisa. Sebelum rilis menjadi album, awalnya di tahun 2010, lagu Serba Salah dibuat dalam video akustik dan diunggah ke YouTube. 

Lagu itu kemudian menuai sukses. Memasuki 2011, Solid Records serta Universal Music Indonesia memproduseri album perdana Raisa. Sejumlah lagu yang menjadi andalan adalah Serba Salah, Apalah (Arti Menunggu), serta Could It Be, yang disukai para penikmat musik dalam negeri.

Album pertama Serba Salah dirilis diketahui tak hanya berjaya di Indonesia, tapi juga di Brunei Darussalam dan Malaysia. Lagu Serba Salah juga mendorong nama Raisa ke deretan penyanyi wanita terbaik Indonesia. Sejak saat itu, sosok Raisa jadi semakin dikenal masyarakat luas.

Single, Album dan Sederet Penghargaan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by @raisa6690 on

Setelah melahirkan album Serba Salah di tahun 2011, Raisa terus menuai sukses dengan album-album berikutnya. Wanita yang piawai bermain piano ini juga merilis Heart to Heart pada 2013 serta album Handmade di tahun 2016 lalu.

Di album ketiganya, Raisa menyuguhkan lagu Percayalah yang dibawakan duet dengan Afgan. Sedangkan single bertajuk Jatuh Hati sudah lebih dulu dirilis ke pasaran pada tahun 2015. Raisa juga berkolaborasi dengan Isyana Sarasvati dan menelurkan lagu Anganku Anganmu di tahun 2017.

Suara merdunya yang khas juga ikut mengisi sejumlah soundtrack film seperti Rectoverso, London Love Story, Terjebak Nostalgia, hingga Ayat-ayat Cinta 2. Raisa juga memulai debut aktingnya dalam Terjebak Nostalgia yang tayang tahun 2016.

Di sepanjang karirnya, Raisa juga diketahui meraih berbagai penghargaan bergengsi seperti dari Best New Female Artist dari Anugerah Planet Muzik 2012 yang juga menjadi penghargaan pertamanya. Kemudian, AMI Award untuk Album Terbaik dan Album Pop Terbaik dan juga namanya juga tercatat dalam nominasi AMI Award untuk Produser Rekaman Terbaik dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Tips Sukses dari Perjalanan Hidup Via Vallen

Jadi Juri 'Indonesian Idol' dan Gelar Konser Tunggal

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by @raisa6690 on

Raisa yang meramu dan menciptakan sendiri 80% lagu-lagu di album musiknya ini pun pernah menjadi Juri ajang pencarian bakat Indonesian Idol pada tahun 2014, Season 8.

Sebagai solois, ia juga pernah menggelar konser tunggalnya yang bertajuk Pemeran Utama di tahun 2015 lalu. Ketika itu, Raisa tengah mengadakan berbagai pertunjukan di Surabaya dan Jakarta. 

Menyusul kemudian, Raisa juga pernah menggelar Fermata Intimate Concert pada November 2018 lalu. Konser tersebut menandai masa istirahatnya jelang melahirkan sang buah hati, Zalina Raine Wyllie. Sementara itu, konser tunggal selanjutnya diberitakan akan digelar pada pertengahan tahun 2020 

Mengelola Berbagai Bisnis yang Laris Manis

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by YAY! By Raisa (@yay_byraisa) on

Raisa memang lebih dikenal publik sebagai penyanyi. Namun jangan salah, ia pun juga memiliki kemampuan mengelola sejumlah bidang bisnis yang laris manis. Bagaimana tidak, ia membangun bisnis dengan mengikuti tren bisnis.

Sebut saja, Raisa memiliki dua kedai kopi yang lokasinya berbeda, Dua Coffee Shop di Cipete, Jakarta Selatan dan Titik Temu di Seminyak, Bali. Tak hanya berkonsep unik, situs Zomato menyebut range harganya pun cukup terjangkau, yaitu di kisaran Rp 20.000 hingga Rp 58.000.

Selain itu, Raisa juga menjajal bisnis fashion yang berupa Clothing line dengan brand Yay! by Raisa. Clothing line yang ia bangun menyediakan berbagai kebutuhan fashion melalui pemesanan online. Harga yang ditawarkan pun relatif ramah, mulai dari Rp 120.000 sampai Rp 380.000.

Bersama dengan beberapa rekan musisi, Raisa juga mengelola label rekaman yang dinamakan Juni Records. Bersama Marco Steffiano dan DJ kondang Dipha Barus, Raisa berperan sebagai produser musik utama.

Tak hanya menelurkan album ketiga Raisa yang bertajuk Handmade. Juni Records juga menaungi sejumlah musisi terkemuka seperti Kunto Aji serta Barasuara dan ada juga musisi terbaru seperti Monica Karina, Ramengvrl dan Tashoora.

Tekuni dan Asah Bakat

Hingga sekarang ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa bakat yang terpendam hanya disalurkan sebagai hobi saja. Padahal dari bakat bisa mengantarkan seseorang menjadi sukses, seperti halnya Raisa. Nah, bagi kamu yang sudah mengetahui bakat yang kamu miliki misal fotografi, mendesain, berdagang dan sebagainya, tak ada salahnya untuk menekuninya. Selain itu, kamu juga perlu mengasah bakat kamu agar ilmu yang kamu miliki semakin matang. Hal ini tentunya bisa membuat kamu sukses.

Baca Juga: Gagal di 'Indonesian Idol', Kini Anji Manji Malah Jadi Penyanyi Berpendapatan Tertinggi

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA