Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Tulus Siapkan Kantong Belanja di Bagasi Mobilnya

Jumat 06 Dec 2019 10:17 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Penyanyi Tulus. Kurangi sampah plastik, Tulus bawa kantong belanja di mobilnya.

Penyanyi Tulus. Kurangi sampah plastik, Tulus bawa kantong belanja di mobilnya.

Foto: Antara
Kurangi sampah plastik, Tulus bawa kantong belanja di mobilnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Tulus tak mau ketinggalan untuk berpartisipasi dalam mengurangi sampah plastik. Apalagi, ia sangat menyadari gawatnya dampak sampah plastik di lautan dan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga

Tulus pun melakukan langkah sederhana sebagai inisiatif pribadinya. Pelantun tembang "Labirin" itu menggunakan kantong khusus untuk berbelanja.

"Sederhananya yang sudah mulai, saya biasakan, sudah tidak pakai lagi kantong plastik, tapi kantongnya sudah bawa dari rumah," ungkap Tulus ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (29/11).

Tulus juga menyiapkan kantong khusus yang disediakan khusus di bagasi mobilnya. Ketika ke supermarket untuk berbelanja, maka barang-barang yang dibeli tinggal dimasukkan ke dalam kantong yang telah dia sediakan.

"Masih hal-hal kecil sih yang saya lakukan. Masih banyak yang harus dipelajari dan dilakukan," ungkap penyanyi kelahiran Bukittinggi, Sumatra Barat itu.

Tulus menyadari, banyak hal yang masih harus dipelajari mengenai lingkungan saat ini. Baik itu mengenai kerusakannya, maupun upaya yang bisa dilakukan untuk pengurangan kerusakan lingkungan.

"Fakta tentang kandungan poliester itu ada dalam tekstil. Hal itu saya baru tahu. Selama ini, saya hanya konsumen yang menggunakan busana sehari-hari," tutur penyanyi Indonesia yang lagunya paling banyak diputar di Spotify itu.

Sebagai bentuk nyata lain untuk mencegah kerusakan lingkungan, Tulus juga melakukan kolaborasi bersama dengan Sejauh Mata Memandang dalam Pameran Laut Kita Masa Depan Kita. Dia memberikan narasi pentingnya menjaga laut sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA