Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Revolusi Digital Bawa Perubahan pada Dunia Perfilman

Senin 09 Dec 2019 16:25 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Produser film Kucumbu Tubuh Indahku Ifa Isfansyah (kedua kiri) menyampaikan sambutan seusai menerima piala Film Cerita Panjang Terbaik pada Malam Penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2019 di Jakarta, Ahad (8/12/2019).

Produser film Kucumbu Tubuh Indahku Ifa Isfansyah (kedua kiri) menyampaikan sambutan seusai menerima piala Film Cerita Panjang Terbaik pada Malam Penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2019 di Jakarta, Ahad (8/12/2019).

Foto: Dhemas Reviyanto/Antara
Lukman Sardi menyebut revolusi digital membawa perubahan pada dunia perfilman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malam Anugerah Piala Citra ke-39 kembali digelar pada Ahad (8/12) di Studio Metro TV. Penyelenggaraan Malam Anugerah Piala Citra 2019 menandai puncak perfilman Indonesia dalam setahun terakhir.

"Saya mengucapkan selamat kepada para nomine yang terpilih," ujar Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2018-2020 Lukman Sardi saat ditemui sebelum Malam Anugerah Piala Citra 2019, Ahad (8/12).

Ada total 18 film cerita panjang, delapan film dokumenter panjang dan pendek, enam film animasi pendek dan enam film cerita pendek yang bersaing memperebutkan penghargaan Piala Citra. Ada sebanyak 21 kategori penghargaan yang akan dibagikan dalam Malam Anugerah Piala Citra 2019.

Tiga film yang meraih nominasi terbanyak adalah Kucumbu Tubuh Indahku, Dua Garis Biru, dan Bumi Manusia. Tiap film tersebut mendapat total 12 nominasi. Ketiganya juga dinominasikan untuk Film Cerita Panjang Terbaik.

"Seperti selalu saya katakan, Anda semua sejatinya sudah jadi pemenang," jelas Lukman.

Lukman mengungkapkan bahwa salah satu tantangan besar yang dihadapi dalam penyelenggaraan ajang penghargaan ini adalah perubahan. Revolusi digital, misalnya, menjadi penentu utama dalam perubahan di berbagai aspek kehidupan, termasuk dua pilar utama dalam perfilman, yaitu teknologi dan pengetahuan yang juga turut mempengaruhi estetika sinema.

Baca Juga

photo
Aktris Cut Mini menyampaikan sambutan seusai menerima piala Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat film Dua Garis Biru pada Malam Penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2019 di Jakarta, Ahad (8/12/2019).


"Paradigma baru itu tentu akan sangat mempengaruhi cara kita menyelenggarakan festival dan melakukan penilaian," kata Lukman.

Malam Anugerah Piala Citra 2019 memberikan penghargaan kepada pemenang dari 21 kategori yang terdaftar dan satu penghargaan Lifetime Achievement. Proses penjurian telah dilakukan sejak September hingga Desember untuk memilih pemenang yang dianggap terbaik dalam setahun terakhir.

Acara ini dipandu oleh Rory Asyari dan Melissa Karim. Para pembaca pemenang tahun ini diisi oleh bintang dari berbagai generasi, seperti Arifin Putra, Meriam Belina, Chandra Endroputro, Ayushita, Maudy Koesnaedi, Tio Pakusadewo, Giorgino Abraham, Christine Hakim hingga Amanda Rawles. Perwakilan komite, yaitu Nia Dinata juga akan turut hadir sebagai pembaca nominasi. Dea Panendra, Zidni Hakim, Aminoto Kosin Orchestra dan Indra Lesmana serta Eva Celia hadir sebagai penampil.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA