Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Barry Likumahuwa: Talenta Jazz Tanah Air Potensial

Senin 09 Dec 2019 17:08 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Musisi jazz Barry Likumahuwa menyebut, musisi jazz di Indonesia jumlahnya cukup banyak dan memiliki bakat yang luar biasa.

Musisi jazz Barry Likumahuwa menyebut, musisi jazz di Indonesia jumlahnya cukup banyak dan memiliki bakat yang luar biasa.

Foto: Desy Susilawati
Musisi jazz di Indonesia jumlahnya cukup banyak dan memiliki bakat yang luar biasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jazz dikenal dengan musik ekslusif, tak heran bila festival musik jazz di Indonesia sangat sedikit. Namun, sebenarnya musisi jazz di Indonesia jumlahnya cukup banyak dan memiliki bakat yang luar biasa.

"Kalau bicara krisis regenerasi, enggak ya, kita punya banyak bakat baru yang luar biasa banget," ujar musisi jazz Barry Likumahuwa di Jakarta, belum lama ini.

Bicara regenarasi musik jazz, menurut Barry, Indonesia sangat aman. Ada cukup banyak bibit muda potensial yang bisa mengembangkan musik jazz ke depannya.

Baca Juga

Hanya saja menurut Barry, festival Jazz di Indonesia tidak banyak. Menurutnya, festival Jazz menjadi salah satu tempat para musisi muda untuk mengembangkan karyanya. Keberadaan festival Jazz yang hanya sedikit di Indonesia memuat musisi muda kekurangan ruang untuk berkarya.

Tak hanya itu, edukasi mengenai musik Jazz juga kurang membumi di Indonesia. Tidak sedikit masyarakat yang bingung membedakan musik Jazz atau genre lain yang masih 'satu aliran'.

"Yang disayangkan adalah edukasinya. Banyak orang Indonesia yang akhirnya bingung, ini jazz atau bukan. Tapi di sisi lain saya juga memahami kebutuhan festival jazz butuh menarik massa," ujar Barry.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA