Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Ed Sheeran Samai Paul McCartney

Senin 16 Des 2019 00:51 WIB

Rep: Thomas Rizal (cek n ricek)/ Red: Thomas Rizal (cek n ricek)

Sumber: Official Charts

Sumber: Official Charts

Musisi Ed Sheeran dinobatkan sebagai UK’s Official Number 1 Artist of the Decade.

CEKNRICEK.COM -- Musisi Ed Sheeran dinobatkan sebagai UK’s Official Number 1 Artist of the Decade, setelah lagu-lagunya memecahkan rekor. Hal ini diumumkan Official Charts Company pada Rabu (11/12).

Lagu Ed Sheeran, Shape of You yang berhasil bertengger selama 14 pekan di peringkat teratas Inggris pada 2017, dinobatkan sebagai lagu paling top dalam 10 tahun terakhir. Penulis dari Suffolk itu juga meraih penghargaan Official Chart Record Breaker karena lagu dan albumnya banyak menempati posisi satu pada periode 2010-2019.

''Jika dihitung total, karya Ed Sheeran menempati posisi puncak selama 79 pekan,'' kata perusahaan yang mendata tangga lagu mingguan di Inggris. Penerima penghargaan itu sebelumnya meliputi Paul McCartney dan Justin Bieber.

"Terima kasih semua yang sudah mendukung saya dalam 10 tahun terakhir, terutama penggemar yang luar biasa. Ini untuk 10 tahun berikutnya!,” kata Ed Sheeran seperti dilansir officialcharts.com.

Sumber: Official Charts

Ed Sheeran pertama kali masuk ke tangga lagu Inggris lewat lagu debut The A Team. Setelah itu, delapan lagunya jadi single nomor satu di Inggris dengan empat albumnya juga menduduki posisi puncak tangga album Inggris.

Baca Juga: Ed Sheeran Penyanyi Terkaya 2019 Dengan Pendapatan Rp3 Triliun

"Pada awal dekade ini, dia hanya dikenal sebagai remaja 18 tahun dari Suffolk, tapi katalog pencapaiannya sejak saat itu betul-betul luar biasa. Pada hari ini, dia sudah mapan di antara para superstar musik global lainnya di tingkat tertinggi,” kata Martin Talbot, kepala eksekutif Official Charts Company.

Shape of You menempati posisi puncak daftar 100 lagu terpopuler dekade ini versi Official Charts Company, diikuti oleh Uptown Funk dari Mark Ronson featuring Bruno Mars. Dua lagu Ed Sheeran lainnya, Thinking Out Loud dan Perfect, juga masuk ke daftar 10 teratas. Tiga dari empat album Sheeran masuk ke daftar 10 teratas daftar album terpopuler.

Sumber: Official Charts

Selain Ed Sheeran, album 21 dan 25 milik penyanyi Adele duduk di dua peringkat teratas di daftar 100 album terpopuler dekade ini. Adele membawa pulang enam piala Grammy berkat album 21 dan lima piala Grammy untuk album 25. Kedua album itu menempati peringat teratas di tangga album dunia.

Sebelumnya, pada akhir Oktober lalu Ed Sheeran juga berada di daftar teratas selebritas Inggris berusia 30 tahun ke bawah terkaya versi Heat Magazine. Penyanyi kelahiran 17 Februari 1991 itu memiliki kekayaan total mencapai GB£170 juta, naik hampir dua kali lipat dari kekayaannya di tahun 2018 sebesar GB£ 94 juta.

Sumber: Official Charts

Jika dibedah, maka sebagian besar pendapatan penyanyi bernama lengkap Edward Christopher Sheeran itu berasal dari tur konser Divide. Dalam rangkaian tur ini, Sheeran memainkan 258 pertunjukan dari Maret 2017 hingga Agustus 2019.

Tur Divide disebut-sebut menghasilkan pendapatan sekitar 776,2 juta dollar AS. Sementara itu, pendapatan dari royalti lagu juga berperan besar menyumbang pendapatan Ed Sheeran.

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: NadiaNabillah

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA