Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Terungkap! Ini Pekerjaan Ruben Onsu Sebelum Jadi Artis Tajir dan Bos Geprek Bensu

Ahad 15 Dec 2019 09:59 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Ngeliat Ruben Onsu enak ya, kariernya gemilang, sukses berbisnis, harta kekayaan berlimpah. Tapi ternyata di balik itu, bos Geprek Bensu ini pernah hidup susah loh.

Di balik kesuksesan selalu ada kisah perjuangan tak kenal lelah dan kerja keras. Itulah yang bisa kita petik dari Ruben Onsu. Seorang entertainer multitalenta yang dikenal sebagai presenter, pelawak, aktor, dan penyanyi.

Siapa yang tidak kenal Ruben Onsu? Wajahnya kerap wara wiri di berbagai acara televisi. Pantas saja, Pria bernama lengkap Ruben Samuel Onsu ini merupakan salah satu presenter dengan bayaran termahal di Tanah Air.

Tapi tahukah kamu, jauh sebelum terkenal seperti sekarang, Ruben begitu panggilan akrabnya pernah merasakan hidup susah. Bekerja sebagai petugas kebersihan pun pernah dilakoninya. Semua dilakukan demi menyambung hidup di Jakarta.

Penasaran bagaimana perjuangan Ruben Onsu hingga bisa sampai di posisi ini? Simak kisahnya berikut yang sudah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Baca Juga: Belajar Jadi Orang Kaya Dari Ruben Onsu, Pemilik Geprek Bensu

 

Pernah Jadi Petugas Kebersihan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

Hidup sungguh penuh dengan kejutan. Kejutan yang menyenangkan ataupun kejutan - kejutan lain yang terkadang menggugah emosi : sedih, kaget, takut, kecewa, bingung, putus asa, dan sebagainya ... Seringkali, kita perlu mengalami pengalaman - pengalaman yang tak selalu menggembirakan ..., pengalaman - pengalaman yang mungkin tak menyenangkan ..., pengalaman - pengalaman yang Tak sepenuhnya dapat kita kendalikan atau kita prediksi sebelumnya ... Akan tetapi , Saya percaya bahwa itulah dinamika Kehidupan ..., yang membuat Hidup lebih Hidup. Saya, dengan seijin Tuhan dan dukungan dari keluarga, sahabat, kolega, rekanan kerja, team, kenalan, dan orang - orang yang masih sayang dengan saya dan keluarga. Saya akan coba untuk menghadapi dan menyelesaikan persoalan - persoalan hidup satu persatu,semampu saya Doa dan dukungan kalian, menjadi Kekuatan Saya... Terimakasih yaa untuk terus mendukung dan Percaya kepada Saya, dan saya memilih menjalani nya dengan TERSENYUM. in good and worse time ...🙏🏻🙏 . #rubenonsu #bensu #justruben #jalani_nikmati_syukuri #janganlupabahagia #senyuminaja #rezekigakketuker

A post shared by Ruben Onsu (@ruben_onsu) on

Mungkin orang lain melihat Ruben Onsu yang sekarang hidup enak, bergelimang harta, punya banyak bisnis, karier di industri hiburan makin bersinar. Tapi coba menilik kehidupannya dulu. Kakak dari Jordi Onsu ini pernah bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah hotel.

Pekerjaan tersebut dijalani Ruben selama kurang lebih 2 tahun. Tepatnya di akhir tahun 1990-an. Kala itu, honornya cuma Rp350 ribu setiap bulan. Ingin perubahan dalam hidup, Ruben menjajal peruntungan di industri hiburan.

Di TVRI, suami dari Sarwendah ini pernah mendapat peran utama dalam sebuah sinetron. Setiap minggu, bayarannya hanya Rp5.000. Padahal jarak antara lokasi syuting dan tempat tinggalnya terbilang cukup jauh.

Selain itu, Ruben juga pernah tampil di komedi betawi, Lenong Bocah. Ia beradu akting dengan beberapa pemain, seperti Olga Syahputra (Alm) dan Okky Lukman yang juga sedang merintis karier di industri yang sama.

Mulai Dikenal Publik Awal Tahun 2000-an

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

untuk kedua kali nya di @pgaawards 2019 kategori yg sama PRESENTER ENTERTAIMENT VARIETY & TALKSHOW TERFAVORITE . Terima kasih untuk semua support nya tim @brownis_ttv @atieknw @latif_harnoko @jck_desaratu @wibowo.handi @danztristan @dinnania dan semua tim produksi . Terima kasih untuk tim managementku @komandomanagementartis_musik @ekopatriosuper @yantinoviyanto @ne2ngrasyidah @08meity @amaliarizkiseptiani dan semua nya . Special Big Thx istriku yg tiada henti mensupport aku dlm keadaan apapun, @jordionsu @ribkasamaria @lapismadamrose @wendy_wndlo @joeoctavianus serta ketiga anakku @betrandpetoputraonsu @thaliaputrionsu @thaniaputrionsu ayah bangga memiliki kalian ❤️❤️❤️ . Dan untuk partner kerjaku serta sahabat2ku @ivan_gunawan @ayutingting92 @wendicagur . Juga buat semua yg sudah mendukung pekerjaanku dan karyaku, peluk kalian semuaaaaaa ❤️❤️❤️❤️ . 📷 @aldocekrekcekrek #rubenonsu #bensu #justruben #jalani_nikmati_syukuri #janganlupabahagia #senyuminaja #realbensu #rezekigakketuker

A post shared by Ruben Onsu (@ruben_onsu) on

Karier seorang Ruben Onsu mulai menanjak di era 2000-an. Saat itu, ayah angkat Betrand Peto ini mulai dipercaya berbagai stasiun TV untuk membawakan program acara. Kesempatan berikutnya datang di tahun 2004, di mana Ruben dipercaya menjadi salah satu pemain di Film Tina Toon dan Lenong Bocah The Movie.

Sejak saat itu, sudah beberapa judul film dibintanginya seperti Anda Puas, Saya Loyo; Pijat Atas Tekan Bawah, dan Ummi Aminah. Sementara untuk judul sinetron, antara lain Supergirl; Gara-gara Duyung; Tuyul & Mba Yul Reborn The Movie, I-KTP, dan Kecil-kecil Mikir Jadi Manten.

Acara komedi yang diperankannya, Lenong Bocah; Tawa Sutra; Ngabuburit; Opera Van Java; Lenong Rempong, dan Pesbukers. Sedangkan untuk pembawa acara pada program Rumpi, Mamamia, Happy Family, Insert, Kiss Pagi, Ceriwis, Yuk Kita Sahur, Survivor, KDI 2015, Inbox, Brownis, dan masih banyak lainnya.  

Dari profesinya tersebut membuat nama Ruben Onsu masuk dalam berbagai nominasi penghargaan, salah satunya ajang Panasonic Gobel Awards. Penghargaan yang berhasil disabetnya di antaranya, Panasonic Gobel Awards tahun 2012 untuk kategori Presenter Kuis atau Game Show di acara Ranking 1.

Terbaru di ajang yang sama tahun 2019, Ruben memboyong penghargaan untuk kategori Presenter Entertainment Variety & Talkshow Terfavorit. Tidak puas hanya bermain sinetron, film, dan pembawa acara, Pria kelahiran Jakarta, 15 Agustus 1983 ini juga merambah dunia tarik suara. Debutnya dimulai pada tahun 2009 lewat lagu berjudul Kok Jadi Gini

Menikah, Dikarunia 2 Anak Perempuan, dan Angkat Anak

Menjadi pria mapan, Ruben Onsu mengakhiri masa lajang dengan menikahi Sarwendah pada 22 Oktober 2013. Kisah cinta keduanya berawal dari pertemuan di belakang panggung dalam sebuah acara.

Meski sempat ditolak tiga kali, putra dari pasangan Johanes Abraham Onsu (Alm) dan Helmiah (Almh) ini akhirnya berhasil meluluhkan hati mantan personil Cherrybelle itu. Ruben mengaku jatuh cinta sejak pertemuan pertama.

Setelah menikah, Sarwendah sempat mengalami keguguran dua kali. Baru pada 5 Juni 2015, pasangan harmonis ini dikaruniai anak perempuan yang diberi nama Thalia Putri Onsu. Selang 4 tahun kemudian, di tanggal yang sama dengan sang kakak, sang adik lahir ke dunia. Dan lagi-lagi berjenis kelamin perempuan. Diberi nama Thania Putri Onsu.

Di tahun ini pula, Ruben dan Sarwendah mengangkat seorang anak laki-laki asal Nusa Tenggara Timur (NTT) bernama Bertrand Peto. Sebuah acara televisi mempertemukan Ruben dan Bertrand. Pertemuan pertama ini ternyata meninggalkan kesan mendalam bagi Ruben. Ada sesuatu yang membuatnya merasa dekat dengan Bertrand. 

Kedekatan itu membawanya pada keputusan untuk mengangkat Bertrand sebagai anak angkat. Menjadi kakak bagi Thania dan Thalia. Di tengah kebahagiaan dan keharmonisan keluarga ini, Ruben mendapat berbagai ujian hidup. Teror mistis menghantui Ruben sekeluarga, termasuk bisnis kulinernya yang sangat berkembang pesat.

Baca Juga: Nurhayati Subakat Siap Bawa Wardah Masuk Jajaran 5 Besar Merek Dunia

Memiliki Gurita Bisnis

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

Ini menjadi tahun pertama kami menjadi bagian dari Jakarta Fair 2019, Lebih dari 500 booth peserta Jakarta Fair 2019, PT. Onsu Pangan Perkasa (OPP) Terpilih sebagai TOP 3 THE MOST ATTRACTIVE BOOTH di event akbar tahunan ini kriteria pemilihan dilihat dari keaktifan booth dalam mempromosikan dan mengadakan acara hiburan di booth untuk menarik perhatian pengunjung. Dengan deretan bintang-bintang besar yang didatangkan oleh OPP setiap haru nya mampu menjadi magnet tersendiri bagi Booth OPP yang juga tahun ini adalah kali pertama menjadi peserta di Jakarta Fair 2019 . Terima kasih untuk semua tim ku dari @happeninc.id @onsupanganperkasa dan semua yg Artis, perlan86band dan semua pecinta produk @onsupanganperkasa yg sudah setia mampir dan menikmati semua product dari kami, sambil menikmati hiburan yg sudah kami siap kan untuk pecinta product kami, Love U All Kami masih terus menerus belajar tanpa henti untuk menjadi lebih baik lagi, sampai ketemu di Jakarta Fair 2020 . #rubenonsu #bensu #justruben #jalani_nikmati_syukuri #janganlupabahagia #senyuminaja #rezekigakketuker

A post shared by Ruben Onsu (@ruben_onsu) on

Bisnis Ruben Onsu yang paling terkenal adalah Geprek Bensu. Menu makanan ayam krispi, digeprek atau dipukul, dan disajikan dengan aneka sambal level tertentu. Bisnis tersebut tumbuh besar, dengan jumlah puluhan gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan sudah go internasional, seperti Hong Kong dan menyusul negara lainnya.

Bisnis ayam geprek ini berada di bawah bendera perusahaan PT Onsu Pangan Perkasa (OPP). Didirikan bersama dengan sang istri dan adik Jordi Onsu. Selain Geprek Bensu, OPP juga memproduksi makanan dan minuman lain dengan merek Bensu Bakso, Bensu Co, dan Big Ben Kopi.

Terbaru, Onsu bersaudara ini membuka warung makan Sunda diberi nama Bensunda. Usahanya bukan saja di bisnis kuliner. Tapi juga merintis bisnis properti, media, dan fesyen. Wah punya kerajaan bisnis, pantas kantong dan rekening Ruben makin ‘gendut’.

Harta Kekayaan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

Selamat pagi semua ❤️❤️ . #rubenonsu #bensu #justruben #jalani_nikmati_syukuri #janganlupabahagia #senyuminaja #rezekigakketuker

A post shared by Ruben Onsu (@ruben_onsu) on

Ruben Onsu menjadi salah satu artis papan atas Indonesia dengan kekayaan berlimpah. Saat heboh artis pamer saldo ATM, rekening Ruben dikabarkan mencapai Rp27 miliar.

Wajar saja, menurut informasi, Ruben mendapat honor sekitar Rp50 juta untuk membawakan acara. Tarif ini berbeda ketika dirinya menerima tawaran sebagai bintang tamu acara TV dan sinetron. Sekali tampil, bayarannya sekitar Rp10-15 juta. Lain lagi kalau main film, honor yang dipasang mencapai sekitar Rp80 juta.

Berbicara soal kekayaan, Ruben Onsu memang menjadi salah satu artis papan atas yang memiliki banyak pundi-pundi rupiah. Tidak seperti awal kehadirannya yang dibayar hanya Rp 5 ribu setiap minggu, bayaran Ruben untuk tampil di tv naik ratusan kali lipat.

Untuk tampil sebagai presenter, Ruben dikabarkan mendapat bayaran sekitar Rp 50 juta. Bayarannya akan berbeda ketika ruben mengisi acara TV maupun bermain film dan sinetron. Untuk satu kali mengisi, Ruben akan mengantongi uang hingga Rp 10 juta rupiah.

Sementara untuk bermain sinetron, dalam setiap episode bayaran yang didapat antara Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Beda lagi ketika bermain film. Untuk berperan dalam satu judul film, honor yang didapat bisa mencapai Rp 80 juta.

Belum termasuk penghasilan dari dua channel YouTube di bawah pengelolaannya, yakni MOP Channel dan The Onsu Family. Dari keduanya, pendapatan per bulan yang bisa diperoleh sekitar Rp268 juta-Rp4,2 miliar. Fantastis!!

Yakinlah Kamu Juga Bisa Sukses

Sebelum menjadi artis, Ruben hanya orang biasa dengan penghasilan pas-pasan. Tapi ia mampu membuktikan bahwa kesuksesan milik semua orang. Kesuksesan dapat diraih dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah.

Kamu harus percaya diri dan yakin bahwa kamu pun bisa sukses. Kalau orang lain saja bisa, kamu juga pasti bisa. Yang penting mau berusaha, tidak mudah putus asa, dan selalu optimistis merupakan kunci dari keberhasilan.

Baca Juga: 6 Bisnis Franchise Es Kopi Susu yang Lagi Hits, Modal Mulai dari Rp 5 Jutaan

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA