Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Halima Aden Kembali Tampil di Sampul Majalah Mode Ternama

Kamis 26 Dec 2019 16:34 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Nora Azizah

Halima Aden Kembali Tampil di Sampul Majalah Mode Ternama (Halima Aden)

Halima Aden Kembali Tampil di Sampul Majalah Mode Ternama (Halima Aden)

Foto: Instagram @halima
Sebelumnya, Aden tampil menjadi sampul majalah British Vouge.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tak kenal Halima Aden, wanita yang pertama yang muncul di kontes Miss Minnesota dengan mengenakan jilbab. Wajah Halima Aden kini terpampang di majalah Essence.

“Penting bagi saya untuk dilihat dan melakukan apa yang saya bisa untuk menunjukkan pada seluruh perempuan, bahwa mereka tidak harus mengubah siapa diri mereka,” ujar Aden dilansir dari laman nbcnews, Kamis (26/12).

Halima Aden merupakan model pertama perempuan berkulit hitam yang muncul di majalah Essence dengan menggunakan Jilbab. Aden pun mengucapkan rasa syukur atas perbedaan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Aden dalam cuitan Twitter pribadinya yang disertai gambar sampul majalah Essence. Sampul yang menampilkan wajahnya itu, akan diterbitkan pada Januari atau Februari 2020.

“Terima kasih banyak untuk semuanya yang telah bekerja tanpa lelah dalam peringatan 50 tahun sampul yang bersejarah ini,” kata Aden.

Seorang juru bicara Essence mengatakan, Aden merupakan perempuan yang lahir di Kenya dan pindah ke Amerika Serikat saat usianya masih tujuh tahun. Aden sendiri belum dapat dihubungi untuk dimintai keterangannya.

“Kita akan bersiap-siap untuk memasuki dekade baru, dan Essence harus mencetak itu. Isu mendatang yang akan dibahas adalah bagaimana Essence memberikan penghargaan kepada wanita berkulit hitam pada 2020,” ujarnya.

Dan di awal 2020 nanti, Essence akan mengupas bagaimana sosok Halima Aden.

“Ada beberapa hal dalam kehidupan Halima Aden, terkait bagaimana dia dapat menghancurkan pembatas perbedaan, hanya dengan menjadi dirinya sendiri. Aden juga ratu muslim pertama di sekolah menengahnya, senator mahasiswa Somalia pertama di kampusnya, dan sebagai perempuan berjilbab yang menjadi sampul majalah mode, termasuk Allure dan British Vogue,” terangnya.

Model (22 tahun) ini merupakan sejarah baru di awal tahun ini sebagai wanita pertama yang mucul dengan balutan baju renang sport yang mampu menutup seluruh tubuh yang biasa digunakan wanita muslim.

Pada 2016, Aden juga menjadi kontestan pertama wanita berjilbab dan burkini (baju renang sport) saat berkompetisi di Miss Minnesota USA. Aden merupakan peserta semi-finalis.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA