Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Gigi Hadid Jadi Calon Juri dalam Sidang Kasus Harvey

Rabu 15 Jan 2020 03:47 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nidia Zuraya

Gigi Hadid

Gigi Hadid

Foto: EPA
Lebih dari seratus orang diseleksi menjadi juri dalam sidang kasus Harvey Weinstein

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Gigi Hadid menjadi salah satu juri potensial di persidangan kasus yang menjerat mantan produser film Harvey Weinstein. Ia terlihat hadir di gedung pengadilan Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS) pada Senin (13/1).

Lebih dari seratus calon juri terlihat dalam barisan panjang dan masuk ke ruang sidang di Manhattan. Hadid terlihat duduk di area juru dan memberikan keterangan kepada Hakim James Burke.

Menurut Hadid, ia pernah bertemu dengan terdakwa Weinstein. Ia juga mengetahui Salma Hayek, salah satu aktris yang menuduh Weinstein melakukan pelecehan dan agresi seksual.

Hadid juga diketahui sebagai sahabat Cara Delevigne, salah satu aktris yang telah terbuka tentang pelecehan seksual yang dilakukan Weinstein. Dalam persidangan itu, Burke bertanya kepada Hadid apakah model tersebut dapat menjadi juri yang tidak memihak.

“Saya pikir saya masih bisa menjaga pikiran terbuka mengenai fakta-fakta,” ujar Hadid dilansir The Guardian, Selasa (14/1).

Kehadiran perempuan berusia 24 tahun ini sebagai seorang juri potensial dalam kasus Weinstein dengan cepat menjadi sebuah kontroversi dalam persidangan di tahap awal. Hadid menjadi calon juri terbaru setelah 40 anggota juri di kasus Weinstein dipecat dari persidangan pekan lalu.

Weinstein menjadi terdakwa atas sejumlah kasus mencakup pemerkosaan dan pelecehan seksual. Ada lima dakwaan yang diberikan padanya, diantaranya pemerkosaan seorang perempuan pada 2013, memaksa perempuan untuk melakukan seks oral pada 2006.

Baca Juga

Kemudian, salah satu tuduhan paling serius adalah serangan seksual predator, yang berpotensi menjeratnya hukuman seumur hidup.

Pekan lalu, Burke telah mengecam Weinstein karena menggunakan ponsel di ruang sidang dan mengancam akan mencabut jaminan jika tidak berprilaku baik. Selain itu, terjadi demonstrasi yang diadakan oleh sejulah perempuan terhadap Wenstein ketika persidangan digelar pada pekan lalu.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA