Kamis, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 Februari 2020

Kamis, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 Februari 2020

Mariah Carey Masuk Songwriters Hall of Fame 2020

Jumat 17 Jan 2020 10:14 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Mariah Carey. Dengan 18 lagu hit ciptaannya dalam 20 tahun terakhir, Mariah Carey masuk Songwriters Hall of Fame.

Mariah Carey. Dengan 18 lagu hit ciptaannya dalam 20 tahun terakhir, Mariah Carey masuk Songwriters Hall of Fame.

Foto: EPA
Dengan 18 lagu hit ciptaannya, Mariah Carey masuk Songwriters Hall of Fame.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Penyanyi asal Amerika Serikat (AS) Mariah Carey mendapat penghargaan Songwriters Hall of Fame pada tahun ini. Diva Pop itu selama ini telah menulis bersama sebanyak 18 lagu yang dibawakannya dan semuanya menjadi hit nomor satu.

Seperti dilansir AP, selain Carey, penghargaan ini juga diberikan kepada Neptunus (duo Pharrell Williams dan Chad Hugo), Annie Lennox dan Dave Stewart (mantan anggota Eurythmics), The Isley Brothers, Rick Nowels, William ‘Mickey’ Stephenson, dan Steve Miller. Perhelatan Songwriters Hall of Fame akan digelar pada 11 Juni mendatang di New York City, AS.

Para penulis lagu berhak untuk mendapatkan penghargaan Songwriters Hall of Fame setelah menulis lagu-lagu yang menjadi hit, setidaknya selama 20 tahun. Carey memiliki beberapa lagu hit yang sangat populer di seluruh dunia, seperti "We Belong Togeher" dan "Hero". Tak hanya itu, ia juga merilis debut album self-titled pada 1990.

Baca Juga


Secara keseluruhan, ada 19 lagu yang dibawakan Carey menjadi hit nomor 1 di tangga lagu Billboard Hot 100. Ia berada persis di belakang The Beatles yang telah memiliki 20 lagu di puncak tangga lagu.

Pada musim liburan, saat Diva Pop ini tengah berusia 25 tahun, "All I Want for Christmas Is You" dirilis. Lagu ini menduduki peringkat 1 di Hot 100 sepanjang Desember hingga Januari, menjadikan Carey satu-satunya penyanyi yang memiliki hit nomor 1 di era 1990, 2000, serta 2010, dan 2020.

Satu-satunya lagu yang tidak ikut ditulis oleh perempuan kelahiran 27 Maret 1970 itu adalah "I’ll Be There". Ini merupakan lagu cover dari versi asli yang dibawakan oleh Jackson 5.

Selanjutnya, Neptunus yang dimotori duo Pharrell Williams dan Chad Hugo dikenal menciptakan lagu-lagu yang menjadi hit pada era 1990-an hingga 2000-an. Beberapa nama penyanyi yang menggunakan lagu karya mereka di antaranya adalah Britney Spears, Jay-Z, Justin Timberlake, Usher dan Beyoncé.

Williams dan Hugo juga bekerja sama membuat lagu yang menjadi hit nomor 1, seperti "Hot In Here" (dibawakan oleh Nelly), "Hollaback Girl" (Gwen Stefani), dan "Drop It Like It’s Hot" (Snoop Dogg). Kemudian ada "I’m A Slave 4 U", lagu yang dibawakan oleh Britney Spears pada 2001.

Neptunus juga menghasilkan lebih dari setengah debut solo Timberlake pada 2002 di album Justified. Lagunya yang menjadi hit antara lain, "Like I Love You" dan "Senorita".

Dua puluh empat babak diperebutkan untuk mendapatkan Songwriters Hall of Fame 2020. Beberapa nama yang telah dinominasikan lainnya adalah Outkast, R.E.M., Patti Smith, Journey, Vince Gill, dan Gloria Estefan. Namun, hanya enam penulis lagu atau grup penulis lagu yang dipilih untuk penghargaan ini setiap tahunnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA