Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Ade Irawan dalam Kenangan Ray Sahetapy

Jumat 17 Jan 2020 23:26 WIB

Rep: Adysha Citra R / Red: Muhammad Hafil

Ade Irawan.

Ade Irawan.

Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z
Ray Sahetapy menganggap Ade Irawan seperti ibu sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA Semasa hidup, aktris senior Ade Irawan telah melahirkan banyak karya yang turut mendorong perkembangan industri perfilman di Indonesia. Sosok Ade yang bersahaja juga menyisakan banyak kenangan hangat bagi orang-orang terdekatnya, termasuk aktor Ray Sahetapy.

"Di hati tuh, (beliau) baik terus," ujar Ray saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (17/1).

Ray merasa sosok Ade seperti figur seorang ibu. Sikap Ade yang hangat dan gemar bercanda membuat Ray bisa merasa rileks dan tidak berjarak bila bertemu Ade.

"Pokoknya ketemu Bu Ade itu happy saya. Jadi lepas, nggak canggung. Seperti ibu saya," jelas Ray.

Di sisi lain, Ray juga melihat Ade sebagai sosok aktris yang memiliki segudang pengalaman. Pengalaman ini membuat Ade mampu bermain peran tanpa menemukan kendala berarti.

Ray mengatakan ia dan keluarganya menjalin hubungan yang baik dengan keluarga Ade. Hubungan baik ini terus terpelihara sejak dulu hingga saat ini.

"Sudah kayak keluarga ya buat saya," papar Ray.

Beberapa waktu sebelum Ade wafat, Ray juga sempat menjenguk dan menghabiskan waktu berasama Ade. Ray mengatakan dia mengobrol cukup lama dengan Ade dalam kesempatan tersebut. Saat itu, lanjut Ray, Ade tampak bahagia.

"Kalau ketemu saya, udah lupa sakitnya karena asik, saling ganggu, bercanda, ini itu, banyak cerita," kenang Ray.

Oleh karena itu, Ray sempat merasa sulit untuk menerima bahwa Ade telah berpulang untuk selamanya. Ray merasa kenangan tentang Ade masih tertinggal jelas di ingatannya.

"Kayak masih ada aja di kepalaku," ungkap Ray.

Kedekatan antara keluarga Ray dan keluarga Ade mulai terjalin sekitar 1980-an. Pada 1984, Ray dan Ade terlibat dalam satu produksi film berjudul Tirai Kasih. Pada 1985, mantan istri Ray Dewi Yull juga pernah menajdi lawan main dari anak bungsu Ade almarhumah Ria Irawan dalam film Kembang Kertas. Lalu pada 1986, Ray dan anak ketiga Ade Dewi Irawan beradu akting dalam film Cinta yang Terjual

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA