Kamis, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 Februari 2020

Kamis, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 Februari 2020

Sempat Meminta Maaf, David Olney Meninggal di Atas Panggung

Kamis 23 Jan 2020 00:26 WIB

Rep: Thomas Rizal (cek n ricek)/ Red: Thomas Rizal (cek n ricek)

Sumber: Variety/John Partipilo

Sumber: Variety/John Partipilo

Penyanyi dan penulis lagu, David Olney, meninggal di usia 71 tahun.

CEKNRICEK.COM -- Penyanyi dan penulis lagu David Olney meninggal di usia 71 tahun, setelah terdiam dan menundukkan kepalanya di tengah pertunjukan 30A Songwriters Festival di Santa Rosa Beach, Florida, Sabtu (18/1). Beberapa laporan sebelumnya mengatakan dia pingsan di atas panggung, meski itu tidak sepenuhnya benar.

Olney sempat terdiam di kursinya, membuat beberapa penonton dan juga para musisi di sampingnya berpikir dia hanya diam, sebelum mereka menyadari apa yang terjadi. Saat itu, Olney yang duduk di sebelah Amy Rigby dalam posisi sedang bertukar lagu dan kejadian tersebut menggambarkan saat-saat terakhirnya.

"Olney berada di tengah-tengah lagu ketiganya ketika dia berhenti, meminta maaf, dan menutup matanya," tulis Rigby di Facebook, seperti dilansir dari New York Post.

"Dia sangat diam, duduk tegak dengan gitarnya, mengenakan topi paling keren dan jaket suede indah yang kami tertawakan karena hujan deras di luar tempat kami bermain. Saya hanya ingin gambaran kala itu menjadi sesuatu yang mengagumkan, bermartabat karena awalnya tampak seperti dia sedang beristirahat sebentar," lanjutnya.

"Scott Miller berpikir bahwa kami perlu membangunkannya lagi. Ada dokter di antara penonton dan para kru 30A bekerja sangat keras untuk membuatnya sadar. Kami semua kehilangan seseorang yang sangat penting tadi malam," tulis Rigby melanjutkan.

Sumber: Variety/John Partipilo

Pertunjukan setengah jam yang diberikan Olney pada hari sebelumnya telah direkam dan diunggah di YouTube. Olney adalah tokoh yang dihormati di komunitas folk-rock dan Americana yang telah merekam 20 album solo. Lagu-lagunya dibawakan ulang oleh Emmylou Harris, Linda Ronstadt, Del McCoury dan mantan teman sekamarnya Steve Earle.

Mendiang Townes Van Zandt pernah mengatakan bahwa Olney adalah salah satu musisi yang diidolakannya. "Setiap kali ada yang bertanya kepada saya siapa penulis musik favorit saya, saya katakan Mozart, Lightnin Hopkins, Bob Dylan dan Dave Olney. Dave Olney adalah salah satu penulis lagu terbaik yang pernah saya dengar dan itu benar. Saya maksudkan dari hati saya," ujar Zandt.

Baca Juga: konser-di-indonesia/14798" target="_blank" rel="noopener">Billie Eilish Bakal Gelar Konser di Indonesia

Olney dikenal pertama kali sebagai anggota X-Rays, sebuah band yang masuk ke label Rounder pada awal 1980-an. Dia kemudian aktif sebagai artis solo bersama dengan label lain seperti Philco.

Olney melakukan penampilan ketiganya saat meninggal, setelah tampil di malam sebelumnya bersama Amelia White dan Mary Bragg sebelum pertunjukan solonya Sabtu sore. Dia juga dijadwalkan muncul minggu ini di pertemuan Folk Alliance di New Orleans.

BACA JUGA: Cek SOSOK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA