Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Tyler The Creator Sindir Rasisme di Grammy Awards

Selasa 28 Jan 2020 03:43 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Peraih penghargaan Grammy untuk kategori album rap terbaik Tyler The Creator menyoroti adanya rasisme dalam kategori Grammy Awards (Foto: Penyanyi Rap Tyler The Creator)

Peraih penghargaan Grammy untuk kategori album rap terbaik Tyler The Creator menyoroti adanya rasisme dalam kategori Grammy Awards (Foto: Penyanyi Rap Tyler The Creator)

Foto: Youtube
Tyler merasa ada unsur rasisme dalam nominasi kategori di Grammy Awards.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peraih penghargaan Grammy untuk kategori album rap terbaik Tyler The Creator menyoroti adanya rasisme dalam kategori Grammy Awards. Rapper berkulit hitam ini bahkan menilai nominasi dan kemenangannya dalam Grammy Awards sebagai sebuah hinaan yang berbalut pujian atau backhanded compliment.

"(Perasaan) saya terbagi dua dalam kemenangan ini," ujar Tyler saat ditanya mengenai kemenangannya, seperti dilansir Independent, Selasa (28/1).

Di satu sisi, Tyler merasa bersyukur karena musik yang ia buat dikenal dan diapresiasi dunia. Namun di sisi lain, Tyler merasa ada unsur rasisme dalam nominasi kategori-kategori Grammy Awards.

Tyler menilai orang-orang seperti dirinya, yaitu berkulit hitam, hanya mendapatkan nominasi untuk kategori rap atau urban. Tyler bahkan tak suka dengan penggunaan kata urban.

"Itu hanya merupakan cara yang benar secara politik untuk menyebutkan kata 'N' (sebutan untuk orang kulit hitam)," sambung Tyler.

Oleh karena itu, Tyler melihat nominasi untuk kategori rap sebagai sebuah backhanded compliment. Pemberian nominasi ini terasa seperti cara untuk membuat orang-orang berkulit hitam sepertinya merasa lebih baik dan menutup mulut.

"Kenapa kami tak bisa di (kategori) pop, Anda mengerti maksud saya?" jelas Tyler.

Terlepas dari itu, sisi lain Tyler tetap merasa bersyukur bahwa seni yang ia ciptakan bisa dikenal masyarakat luas hingga di tingkat ini, padahal dia tidak aktif di radio. Musik-musik Tyler bahkan tidak diputar di swalayan terkenal Amerika Target.

"Saya di dunia berbeda dari yang kebanyakan orang-orang dengarkan. Jadi saya merasa bersyukur dan juga merasa, 'Ehh'," ungkap Tyler.

Penghargaan untuk kategori album rap terbaik merupakan kemenangan pertama Tyler di ajang Grammy Awards. Sebelumnya, Tyler pernah dua kali masuk ke dalam nominasi Grammy Award yaitu pada 2013 dan 2018.

Jaden Smith turut menyampaikan selamat atas kemenangan Tyler. Smith bahkan berkelakar dan menyebut Tyler sebagai kekasihnya.

"Kekasihku baru saja memenangkan Grammy," canda Smith melalui akun Twitter pribadinya.

Dalam sebuah video, Tyler tampak tertawa dan menggelengkan kepala saat membaca cuitan Smith. Tyler pun membalas cuitan Smith sesaat setelahnya.

"Hahaha, kamu laki-laki yang gila," tulis Tyler.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA