Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Persiapan Finansial Bila Berencana Punya Anak Tahun Ini (1)

Kamis 30 Jan 2020 04:33 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Persiapan finansial menjadi salah satu hal yang penting untuk digarisbawahi saat memiliki anak (Foto: ilustrasi bayi)

Persiapan finansial menjadi salah satu hal yang penting untuk digarisbawahi saat memiliki anak (Foto: ilustrasi bayi)

Foto: Pixabay
Persiapan finansial menjadi sangat penting bila ingin memiliki anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehadiran bayi di dunia ini memberikan kebahagiaan yang luar biasa bagi mereka yang telah resmi menjadi orang tua. Berbagai persiapan menyambut datangnya si kecil dilakukan untuk memastikan calon generasi penerus ini akan mendapatkan yang terbaik.

Dilansir The Street, Kamis (30/1), persiapan finansial menjadi salah satu hal yang penting untuk digarisbawahi saat memiliki anak. Mulai dari persiapan saat kehamilan, terlebih saat kelahiran buah hati di dunia ini, para orang tua harus benar-benar mempersiapkan hal itu sebaik mungkin.

Sebagai permulaan, di Amerika Serikat (AS), persalinan memiliki biaya rata-rata sebesar 4.300 dolar. Jumlah harga ini diketahui dari sebuah studi yang dilakukan oleh Health Affairs, yang didasarkan pada data biaya persalinan dari 2008 hingga 2015.

Asuransi kesehatan pun memiliki biaya yang tak sedikit. Berdasarkan data, antara 2008 dan 2015, rata-rata pengeluaran untuk perawatan kehamilan meningkat di kalangan perempuan dengan asuransi.

“Peningkatan ini sebagian besar didorong oleh peningkatan belanja di kalangan para perempuan dengan deductible,” ujar pernyataan dalam studi tersebut.

Sementara harga persalinan yang bervariasi secara signifikan dari satu negara ke negara lainnya, biaya yang harus dikeluarkan para orang tua di AS dilaporkan terus mengalami peningkatan. Menurut Health Affairs, biaya sebesar 2.910 dolar AS untuk melahirkan bayi pada 2008 dibandingkan dengan harga 4.300 dolar AS yang tercantum pada 2015. 

Jika terdapat komplikasi, sehingga diperlukan kelahiran melalui operasi sesar, biaya meningkat menjadi 5.161 dolar AS. Jumlah ini meningkat dari 3.364 dolar AS pada 2008.

Bagi warga Amerika yang tidak memiliki asuransi kesehatan, jumlah biaya ini akan meningkat pada 2020, di mana persalinan memiliki biaya dua kali lipat dibandingkan jumlah yang disebutkan di atas sebelumnya. Data dari Kaiser Family Foundation menunjukkan bahwa biaya sebesar 10.800 dolar AS harus dikeluarkan untuk persalinan  tanpa komplikasi, jika Anda tidak memiliki asuransi kesehatan.

Tak hanya seputar persalinan, membesarkan anak juga memiliki biaya yang besar. Menurut data dari  U.S. Department of Agriculture yang secara teratur melihat biaya membesarkan seorang anak di AS, sebuah keluarga rata-rata akan menghabiskan sekitar 12.980 dolar per tahun. Ini berlaku untuk keluarga dengan penghasilan menengah, yaitu berpendapatan sebesar 59.200 dolar hingga 107.400 dolar.

Orang tua dengan penghasilan menengah juga akan menghabiskan rata-rata 233.610 dolar AS atau 284.570 dolar AS jika adanya inflasi. Jumlah ini adalah untuk memenuhi kebutuhan makanan, tempat tinggal, dan lainnya untuk membesarkan anak hingga usia 17 tahun, namun tidak termasuk biaya pendidikan di universitas atau perguruan tinggi.

USDA juga telah melaporkan bahwa orang tua dapat mengandalkan pengeluaran setidaknya 12.000 dolar AS pada tahun pertama bayi. Data pemerintah federal umumnya membagi biaya pengasuhan rumah tangga sebagai berikut :

Rumah = 29 persen dari semua biaya pengasuhan anak.
Makanan = 18 persen dari semua biaya anak.
Pengasuhan anak dan pendidikan = 16 persen dari semua biaya.
Transportasi = 15 persen dari biaya.
Kesehatan = 9 persen dari biaya.
Pakaian = 6 persen dari biaya.
Semua biaya lain = 7 persen.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA