Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Sulit Samakan Jadwal, Radiohead Belum Ciptakan Musik Baru

Kamis 06 Feb 2020 14:06 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Personel Radiohead kesulitan menyamakan jadwal sehingga belum punya karya musik baru hingga sekarang.

Personel Radiohead kesulitan menyamakan jadwal sehingga belum punya karya musik baru hingga sekarang.

Foto: GLIDE MAGAZINE
Sulitnya menyamakan jadwal antarpersonel membuat Radiohead belum punya musik baru.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bagi band senior sekelas Radiohead, menyamakan jadwal antarpersonel bukanlah perkara mudah. Thom Yorke, Jonny Greenwood, Colin Greenwood, Ed O'Brien, dan Philip Selway belum bisa menciptakan musik baru karena alasan itu.

Penabuh drum Philip Selway mengungkap bahwa sepanjang 2020 dia dan rekan-rekan satu band lainnya akan jeda sejenak karena masing-masing punya fokus pada proyek lain. Dia tidak tahu kapan waktu spesifik band bisa kembali berkarya bersama.

"Selalu ada percakapan yang berlangsung, tapi kami punya proyek lain yang digarap. Tahun ini sepertinya akan jadi satu tahun agak menjauh dari Radiohead, tapi kami pasti akan kembali," kata Philip, dikutip dari laman Music News.

Ketika ditanya apakah 2021 rencana berkarya itu sudah ada, Philip mengatakan dia dan rekan-rekannya belum membicarakan hal tersebut. Sebagai informasi, album terakhir yang dirilis Radiohead adalah A Moon Shaped Pool pada 2016.

Sebelum ini, gitaris Jonny Greenwood mengatakan hal serupa terkait karya anyar. "Saya tidak tahu apa yang kami lakukan. Kami tidak akan menggelar tur sebelum ada musik baru dan itu tidak akan terjadi sampai kami semua punya waktu luang," kata dia.

Tahun lalu, Radiohead memberikan kesempatan kepada seluruh penggemar untuk bisa mengakses arsip materi karya mereka lewat situs web resmi. Penggemar bisa memiliki semacam kartu perpustakaan dan nomor anggota untuk semua katalog karya band.

Tidak hanya akses untuk setiap lagu dan album musik, tetapi juga semua artefak band yang sudah dikuratori dan diorganisir. Seluruh diskografi band juga tersedia di YouTube, mulai dari album Pablo Honey rilisan 1993 sampai A Moon Shaped Pool.

Pada saat itu, band mengunggah cicitan via Twitter. "Radiohead.com selalu sangat tidak informatif dan susah diprediksi. Sekarang kami sudah bisa diduga, membuatnya sangat informatif," tulis mereka lewat akun @radiohead.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA