Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Parasite Bikin Kejutan di Oscar

Senin 10 Feb 2020 13:23 WIB

Rep: Farah Noersativa/Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

'Parasite' berhasil meraih empat penghargaan Oscar, termasuk Sutradara Terbaik (Foto: salah satu adegan film 'Parasite')

'Parasite' berhasil meraih empat penghargaan Oscar, termasuk Sutradara Terbaik (Foto: salah satu adegan film 'Parasite')

Foto: IMDB
'Parasite' berhasil meraih empat penghargaan Oscar, termasuk Sutradara Terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film Parasite asal Korea Selatan membuat kejutan di ajang Oscar 2020. Parasite berhasil menumbangkan sederet film lain dalam beberapa nominasi 92nd Academy Awards yang diselenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Ahad (9/2) waktu setempat.

Baca Juga

Film besutan Bong Joon-ho ini menyabet piala Oscar pada kategori Best Original Screenplay atau naskah asli terbaik oleh Bong Joon Ho dan Han Jin Won. Parasite mengalahkan nominator lain, seperti Rian Johnson pada film Knives Out, Noah Baumbach pada film Marriage Story, Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns pada film 1917, dan Quentin Tarantino pada film Once Upon a Time.. in Hollywood.

Joon-ho mengatakan, Parasite tak pernah ditulis untuk mewakili negaranya. Namun, film ini memang menggambarkan tentang Korea Selatan.

“Tapi ini sangat pribadi bagi Korea Selatan,” ungkap dia dilansir di laman The Guardian, Senin (10/2).

Piala Oscar kedua yang diraih Parasite adalah kategori Best Foreign Language Film atau Best International Film. Film ini mengalahkan film Les Miserables dari Prancis, Honeyland dari Macedonian, Turki, Corpus Christi dari Polandia, dan Pain and Glory dari Spanyol.

Sebelumnya, kategori ini dinamakan film berbahasa asing terbaik. Pada Oscar 2020 kali ini, kategori ini berubah menjadi film internasional terbaik.

“Saya memuji dan mendukung arah baru yang dilambangkan oleh perubahan ini. Semua anggota kru kami yang penuh kasih dan anggota pemeran ada di sini bersama kami. Silakan kirim tepuk tangan meriah kepada para aktor dan anggota kru Parasite,” kata dia dilansir di laman Variety.

Selanjutnya, film yang mengangkat kesenjangan sosial di Korea ini juga menjadi penyabet piala Oscar pada kategori Best Director atau sutradara terbaik. Bong Joon-ho, sang sutradara mengalahkan Sam Mendes pada film 1917, Martin Scorsese pada film The Irishman, Todd Phillips pada film Joker, dan Quentin Tarantino pada film Once Upon a Time di Hollywood.

"Setelah memenangkan Fitur Internasional Terbaik, saya pikir saya sudah selesai untuk hari itu dan siap untuk bersantai," kata laki-laki berusia 50 tahun itu dalam pidato penerimaannya.

Terakhir, film Parasite menyabet piala Oscar dalam kategori Best Picture atau film terbaik dalam ajang tahunan Academy Awards ini. Film ini mengalahkan sederet film ciamik lainnya yang menjadi nominasi, yaitu Ford v Ferrari, The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, Marriage Story, 1917, dan Once Upon a Time..in Hollywood.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA