Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Alyssa Soebandono, Pesinetron Cantik yang Sukses ini Lulus S2 di Usia Muda

Rabu 19 Feb 2020 07:12 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Tak hanya berhasil menjadi pesinetron saja, tapi Alyssa Soebandono alias Icha juga berhasil mengenyam pendidikan hingga S2. Ini kisahnya yang menginspirasi.

Anindya Alyssa Soebandono atau yang lebih dikenal publik sebagai Alyssa Soebandono sudah cukup lama eksis di dunia hiburan, yaitu sejak tahun 2000. Wanita kelahiran Jakarta, 25 Desember 1991 ini, tak hanya dikenal sebagai aktris pemain sinetron, pembawa acara saja, penyanyi dan blogger saja, tapi Alyssa juga dikenal sebagai aktris muda yang cemerlang di dunia pendidikannya. Salah satu pencapaiannya ialah lulus S2 di usianya yang masih muda.

Agar tak penasaran, bagaimana kisah wanita yang akrab dipanggil Icha ini sukses menjalani karir dan pendidikannya secara bersamaan? Simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

 

Berawal dari Peran ‘Cameo’ 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Alyssa Soebandono (@ichasoebandono) on

Icha mengawali karirnya dengan muncul sebagai ‘Cameo’ dalam film Petualangan Sherina (2000). Setelah mendapat peran figuran di film itu, ia lalu memperoleh peran yang lebih besar lagi di Janus: Prajurit Terakhir (2003). Sejak saat itu, putri dari J.P. Soebandono dan Angki W. Soebandono tersebut mulai menekuni dunia sinetron. 

Dalam sinetron perdananya yang berjudul Bayangan Adinda (2003), Icha langsung didapuk menjadi pemeran utama. Sinetron itu sekaligus menunjukkan kebolehan Icha dalam berakting, karena skenario mengharuskannya berperan sebagai dua karakter saudara kembar yang bernama Adinda dan Amanda. 

Semakin beranjak remaja, Icha kemudian bermain dalam sinetron Inikah Rasanya (2003-2005) yang kian melambungkan namanya. Sinetron tersebut kemudian diangkat ke layar lebar dengan judul Inikah Rasanya Cinta? (2005).

Tawaran Sinetron Berdatangan Silih Berganti

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Alyssa Soebandono (@ichasoebandono) on

Karier Icha kian meroket sebagai pemain sinetron setelah ia bergabung dengan rumah produksi Sinemart. Semakin banyak membintangi sinetron, kemampuan akting Icha kian terasah. Tak heran jika tawaran untuk bermain sinetron terus berdatangan. Setelah sinetron A selesai, maka lanjut ke sinetron B, kemudian C dan begitu seterusnya.

Berikut puluhan sinetron yang dibintangi Icha selama 20 tahun berkarya di dunia entertain:

  • Mungkin Nanti (2004)
  • Ada Apa Denganmu (2004-2005)
  • Kumpul Bocah dan Anak Cucu Adam di tahun 2005
  • Bunga di Tepi Jalan (2005-2006)
  • Pintu Hidayah (2005-2007)
  • Bintang (2006)
  • Upik Abu dan Laura (2008)
  • Alisa (2008-2009)
  • Kejora dan Bintang (2009-2010)
  • Lagu Cinta Nirmala (2011)
  • Yang Muda Yang Bercinta (2013)
  • Cinta Anak Cucu Adam (2014)
  • Sakinah Bersamamu (2015)
  • Kenapa Cinta Harus Memilih dan Gali Lobang Tutup Lobang (2017)
  • Cinta Kedua (2018)
  • Calon Presiden, Istri-Istri Akhir Zaman, dan Samudra Cinta (2019)
Baca Juga: Punya Kekayaan Rp 10 Miliar, Begini Kisah Perjalanan Karir Film dan Musik Si Cantik BCL

Bermain di FTV, Jadi Presenter dan Rilis Album

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Alyssa Soebandono (@ichasoebandono) on

Tak hanya menerima peran dalam sinetron saja, Icha juga mencoba mengambil peran di beberapa tawaran FTV, seperti Setelah Ibu Pergi, Menantu Bupati, Istriku Ajari Aku Sholat, Calon Menantu Palsu, hingga Rumah yang Yahud.

Kemudian ada pula FTV Beruntung, Gue Banget! serta sinetron Pengantin Remaja, Maha Cinta dan Maha Kasih di tahun 2007. Di tahun yang sama, ia juga membintangi Baby Doll, Kakak Iparku 17 Tahun hingga Aisyah.

Di tahun 2017, ia bermain dalam sinetron dan FTV berjudul Di Antara Dua Ibu. Berkat aktingnya, namanya masuk dalam Nominasi Pemeran Wanita Terpuji Kategori Film Televisi di Festival Film Bandung 2017.

Icha juga mengasah kemampuannya dalam membawakan acara (presenter) untuk acara Berita Islami Masa Kini sejak tahun 2016.

Selain kerap muncul sebagai model video klip di beberapa judul lagu , istri dari Dude Herlino ini juga sempat merilis mini album sebagai penyanyi solo. Menggandeng musisi kawakan Tompi sebagai pencipta lagu, album mini Alyssa yang bertajuk Cerita Cinta Kita berhasil rilis di tahun 2010.

Lulus S2 di Umur 21 Tahun

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Alyssa Soebandono (@ichasoebandono) on

Sebagai ibu muda dari kedua anak Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino dan Malik Narendra Harlino yang juga masih aktif dalam dunia hiburan di layar kaca, Icha juga pernah mengenyam pendidikan tinggi hingga ke jenjang S2. Bahkan, pemilik blog www.ichalyssa-soebandono.blogspot.com ini pun punya prestasi akademik yang membanggakan.

Pada tahun 2009, sewaktu usianya belum genap 17 tahun, Icha sudah menimba ilmu di Monash University, Australia dan mengambil program Bachelor of Arts. Di saat yang bersamaan, Icha yang merupakan alumni SMA Global Jaya Bintaro ini masih bermain dalam sinetron yang kejar tayang.

Selain kuliah di Australia, ia juga sempat mengenyam perkuliahan  di Sussex University, Inggris. Di sana, ia mengikuti program pertukaran mahasiswa. Selang kurang lebih 2,5 tahun kuliah, Icha pun lulus pada Desember 2011 dan kembali ke Tanah Air.

Setelah itu, Icha tak hanya kembali melanjutkan karirnya. Si tahun 2012, dia kembali mengambil program S2 jurusan Corporate Communications dan Film and Television Media Studies di London School of Public Relation, Jakarta. Icha kemudian lulus dalam jangka waktu 1,5 tahun saja, yakni pada Desember 2013. Menariknya lagi, saat itu usianya masih 21 tahun.

Menorehkan prestasi, rupanya Icha memperoleh hasil yang sangat baik di mata kuliah Strategic Issue Management. Jika dibandingkan dengan mata kuliah lainnya, mata kuliah yang satu ini mempunyai bobot nilai 50 persen. Tak hanya itu saja, Icha juga mendapat predikat Best of the Best Students.

Baca Juga: Sukses dan Berprestasi 5 Artis Muda ini Bisa Jadi Idolamu

Terima 'Endorse' hingga Punya Bisnis

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Alyssa Soebandono (@ichasoebandono) on

Di sela-sela kesibukannya sebagai artis dan ibu rumah tangga, Icha juga menjalankan sejumlah pekerjaan sampingan lainnya, yaitu mulai dari bisnis fashion, punya kos-kosan di daerah Jakarta Selatan hingga menerima endorse dari banyak onlineshop.

Gerai Cinta yang kini berubah menjadi Gerai Saffa merupakan bisnis fashion muslimah yang dirintis bersama sang suami tercinta dari nol. Bisnis fashion tersebut menawarkan banyak ragam set dress muslimah, couple set, mukena, hingga produk terbarunya adalah jaket.

Sementara untuk menambah pundi-pundinya lagi, Icha juga menerima tawaran endorse dari berbagai online shop hingga brand ternama. Berbagai produk endorse yang diterimanya mulai dari kosmetik, pakaian muslimah seperti dress, hijab dan kuliner.

Berkarir Sejak Muda Tanpa Melupakan Pendidikan

Tak ada salahnya berkarir sejak usia masih muda di berbagai bidang. Namun, selama proses pencapaian kesuksesan tersebut, jangan lupa juga dengan pendidikan. Misal, meski sudah sukses berbisnis saat masih SMA, tapi tetaplah mengenyam pendidikan hingga tingga. Ambilah jurusan yang sesuai dengan bidangnya. Sebab pendidikan jugalah yang akan mendorong seseorang untuk menjadi lebih sukses.

Baca Juga: Kisah Jessica Mila Tekuni Akting Sampai Buka Bisnis Oleh-Oleh Kekinian dan Investasi Properti

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA