Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Hailey Bieber Ungkap Metode Suaminya Atasi Stres

Kamis 20 Feb 2020 05:57 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih

Justin Bieber

Justin Bieber

Foto: AP
Justin Bieber berlatih Havening untuk mengatasi stres.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Model Amerika Hailey Bieber membagikan teknik suaminya, Justin Bieber mengelola stres. Dalam episode terbaru Justin Bieber di Youtube, terungkap bahwa pria berusia 25 tahun itu secara teratur berlatih Havening dengan mengusap-usap tangan di wajah dan kepalanya.

Baca Juga

Justin menggunakan teknik dalam episode berjudul Album on the Way untuk membantunya bersantai, setelah mulai merasa cemas di tengah-tengah keramaian saat merekam video musik (MV) single Yummy.

Hailey yang juga muncul di episode kesembilan itu, membahas teknik tersebut di kamera. Dia menggambarkannya sebagai “hal yang menenangkan diri.”

“Semua orang memiliki Havening versi mereka sendiri tanpa menyadarinya,” kata Hailey dilansir di Independent.co.uk, Rabu (19/2).

Menurut dia, teknik itu seperti anak kecil yang menghisap jempol untuk menenangkan diri. Ketika seseorang mulai merasa benar-benar stres atau hanya ingin membuat diri tetap tenang, rasanya seperti ibu atau ayah yang menggosok punggung anaknya agar bisa tidur.

“Seperti itu, kecuali kamu melakukannya sendiri,” ujar pelatih kesehatan Justin Bieber, dr Buzz Mingin.

Mingin juga muncul dalam episode terbaru dari dokumen itu utnuk menambah penjelasan Hailey tentang teknik “Havening.” Mingin menggambarkannya sebagai teknik psikosensorik yang benar-benar meningkatkan bahan kimia untuk menghasilkan perasaan enak di otak sesuai permintaan.

Dia menjelaskan Justin menerapkan teknik tersebut dengan menggosok kepala dan wajahnya secara terus-menerus sambil membungkuk. Mingin menambahkan bahwa perubahan yang dirinya lihat adalah Justin “monumental.”

“Dia sangat matang. Dia tidak hidup dalam mode bertahan hidup lagi,” kata dr Mingin.

Kemudian dalam episode itu, Justin menjelaskan mengapa dia merasa perlu menggunakan 'Havening'.”Justin mengatakan banyak hal, orang, dinamika yang membuatnya menerapkan metode itu.

“Saya punya kru yang baik, saya harus baik, tetapi hari ini, saya merasa tidak enak. Saya pikir beberapa waktu itu, saya hanya sedikit libur,” ujar Justin.

Havening pertama kali dikembangkan ahli saraf Amerika Serikat (AS) Ronald Ruden yang memberikan uraian teknik berikut digunakan sebagai bentuk terapi trauma. “Pertama adalah pengaktifan konten emosional dari peristiwa traumatis dengan pengingatan imajinal,” tulis penjelasan dalam situs Havening.org.

“Sentuhan lembut dan menenangkan kemudian diterapkan pada lengan atas, telapak tangan, dan di sekitar mata. Sentuhan itu menghasilkan respons keselamatan ekstra yang muncul dari evolusi yang setara dengan apa yang dilakukan sentuhan seorang ibu pada saat kelahiran.”

“Bersamaan dengan sentuhan “Havening,” terapis mengalihkan perhatian individu. Karena pikiran tidak dapat menahan dua pikiran secara bersamaan, penggunaan gangguan mengalihkan peristiwa yang diingat kembali dari memori yang bekerja.”

Dalam episode sebelumnya dari dokumen Justin, penyanyi Sorry itu membuka tentang pengalamannya menjadi pecandu narkoba. Dia mengakui tergantung pada ganja, ekstasi, dan jamur halusinogen.

“Orang tidak tahu seberapa serius penyakit itu. Itu menakutkan, benar-benar menakutkan. Saya bangun di pagi hari dan hal pertama yang saya lakukan adalah minum pil dan merokok, dan memulai hari saya,” kata Justin.

Penyanyi itu kemudian menggambarkan narkoba sebagai pelarian dari tekanan menjadi salah satu musisi paling terkenal di dunia saat itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA