Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Karakter LGBTQ Ada di Film Onward, LSF: Tonton Saja Dulu

Selasa 25 Feb 2020 16:41 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Reiny Dwinanda

Poster film Onward. Ini menjadi film animasi Disney pertama yang tampilkan karakter LGBTQ secara terbuka.

Poster film Onward. Ini menjadi film animasi Disney pertama yang tampilkan karakter LGBTQ secara terbuka.

Foto: Disney
Onward jadi film animasi Disney pertama yang tampilkan karakter LGBTQ secara terbuka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setelah premier dunia Onward digelar, sejumlah media di Amerika Serikat ramai memberitakan keberadaan karakter LGBTQ di film animasi besutan Pixar-Disney tersebut. Sinema komedi petualangan ini juga sudah masuk dalam daftar film yang akan diputar di Indonesia.

Baca Juga

Sejauh ini, laman 21cineplex.com, belum memberikan detail rating dan waktu tayangnya. Sementara itu, laman movies.disney.id menyebut Onward akan tayang pada Maret 2020.

Ketua Lembaga Sensor Film Ahmad Yani Basuki hanya memberikan komentar pendek soal film Onward. Di awal pesan teksnya kepada Republika.co.id pada Senin (24/2), ia mengatakan akan mengeceknya.

"Tapi, intinya kalau belum sensor enggak mungkin tayang,” ujar dia.

Di lain sisi, Republika.co.id telah menerima undangan premier Onward di Indonesia sejak pekan lalu. Disney Indonesia mengajak menonton film yang disutradarai Dan Scanlon itu pada Kamis (27/2) petang.

"Saran saya, tonton saja dulu. Saya tidak tepat mengomentari film yang belum beredar," ujar Ahmad dalam pesan teksnya yang diterima Republika.co.id, Selasa.

Dilansir Fox News, Onward menjadi film Disney pertama yang menampilkan karakter lesbian gay biseksual transgender queer (LGBTQ) secara terbuka. Karakter animasi itu merupakan seorang perwira polwan bermata satu yang memiliki kekasih sesama jenis. 

Dalam Onward, menurut New York Times, karakter queer bernama Spector ini mengungkapkan kepeningannya terhadap polah anak dari seorang ibu yang menjadi kekasih sesama jenisnya itu. Dialog itulah yang menjadi penegasannya soal LGBTQ.

“Putri dari pacar perempuan saya membuat saya ingin menjambak rambut sendiri," ujar Spector dalam Onward, seperti dilaporkan oleh Slate.

Karakter polwan Spector disuarakan oleh aktris dan penulis skenario Lena Waithe yang aslinya memang seorang penyuka sesama jenis. Akan tetapi, dialog Spector tersebut, menurut New York Times, bukanlah inti cerita yang diusung Onward.

Film Onward menceritakan petualangan dua bersaudara bangsa peri, Ian (Tom Holland) dan Barley Lightfoot (Chris Pratt) yang berjuang untuk menghidupkan kembali ayahnya yang telah meninggal saat keduanya masih kecil dengan bantuan tongkat ajaib. Film animasi ini dijadwalkan akan tayang di bioskop seluruh dunia pada 6 Maret.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA