Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Blackpink di Puncak Popularitas Girlband K-Pop

Senin 07 Jan 2019 03:07 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nur Aini

Blackpink

Blackpink

Foto: EPA
Blackpink berada di urutan teratas diikuti Twice dan Red Velvet untuk girlband K-Pop.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Blackpink dinobatkan sebagai grup perempuan K-pop paling populer pada Januari, diikuti oleh Twice dan Red Velvet. Daftar tersebut diberikan oleh Pusat Reputasi Merek Korea.

Pusat ini menganalisis lebih dari 135 juta keping data besar tentang grup perempuan dari 4 Desember 2018 hingga 5 Januari. Mereka juga memeriksa reputasi merek girlband dalam kategori partisipasi, media, komunikasi, dan komunitas.

Seperti yang dilansir dari Korean Herald, Ahad (6/1), reputasi merek mengukur tingkat persepsi positif dan negatif, minat dari media, serta tingkat perhatian dan komunikasi di antara masyarakat. Reputasi merek Blackpink melonjak 113,11 persen dari Desember setelah salah satu anggotanya Jennie merilis album solo pertamanya.

“Solo” dirilis pada 12 November tahun lalu. Kemudian analisis tautan Blackpink menunjukkan kata-kata termasuk “cinta”, “bahagia”, dan “imut”. Sedangkan analisis kata kuncinya termasuk “Jennie”, “berkencan”, dan “EXO”.

Meskipun, ada kekhawatiran atas reputasi grup setelah konfirmasi bahwa Jennie adalah kekasih Kai EXO, Blackpink tetap memimpin sepanjang bulan. Blackpink memiliki skor 16.799.350 poin dibandingkan Twice yang berada di peringkat kedua dengan 14.771.906 poin.

Reputasi merek Twice berada di antara tiga teratas untuk hampir setiap bulan pada 2018. Sembilan orang ini hampir tidak beristirahat karena merilis empat album megahit dalam setahun.

Penjualan Twice mencatat rekor hampir satu juta dan mendominasi tangga musik lokal serta global dengan setiap lagu utama dari album-albumnya pada 2018. Lagu-lagu tersebut termasuk “What is Love”, “Dance the Night Away”, dan “Yes or Yes”. Selain grup asuhan JYP Entertainmentini, yang termasuk lima besar adalah Red Velvet, IZ*ONE, dan Mamamoo.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES